ANALISIS

Persiapan Butut Liverpool Jelang Musim Baru

Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 07:50 WIB
Persiapan Butut Liverpool Jelang Musim Baru Liverpool meraih hasil buruk dalam masa pramusim jelang musim baru. (AP Photo/Frank Franklin II)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool menyambut musim baru Liga Inggris dengan persiapan yang jauh dari kata meyakinkan. Dalam laga uji coba terakhir, Liverpool meraih hasil mengecewakan usai takluk 0-3 dari Napoli di Stadion Murrayfield, Edinburgh, Skotlandia, Minggu (28/7).

Tanda-tanda kekalahan Liverpool sudah muncul saat Lorenzo Insigne membobol gawang Simon Mignolet saat laga baru berjalan 17 menit. Di pertengahan babak pertama, gawang Liverpool kembali dibobol kali ini oleh Arkadiusz Milik.

Di babak kedua, The Reds semakin terpuruk karena Amin Younes menambah derita mereka setelah ikut membobol gawang Mignolet. Liverpool pun tidak bisa berbuat banyak dan menyerah tiga gol tanpa balas.


Kekalahan dengan skor telak itu melanjutkan tren gagal menang tim kota pelabuhan dalam empat laga uji coba terakhir. Sebelum kekalahan ini, Liverpool bermain imbang 2-2 melawan Sporting Lisbon, tiga hari sebelumnya.

Di dua laga uji coba sebelum itu, anak asuh Jurgen Klopp harus mengakui keunggulan Sevilla dengan skor 1-2 dan Borussia Dortmund 2-3.

Sejauh ini Liverpool baru meraih dua kemenangan dari enam laga uji coba yang dilakoni. Namun dua kemenangan itu diraih atas tim yang levelnya berada di bawah Virgil van Dijk dkk yaitu Tranmere Rovers (6-0) dan Bradford City (3-1).

Persiapan Butut Liverpool Jelang Musim BaruLiverpool gagal menang dalam empat laga uji coba terakhir. (Al Bello/Getty Images/AFP)
Dari catatan di enam laga tersebut, pramusim Liverpool bisa dikatakan tidak berjalan ke arah yang diinginkan Klopp. Meskipun, masih ada satu laga uji coba lagi melawan Olympique Lyon pada pertengahan pekan ini sebelum mereka menantang Manchester City di ajang Community Shield, 4 Agustus nanti.

Beragam hasil yang diraih Liverpool ini tentu bukan sebuah wujud ideal dari tim yang di musim lalu berhasil meraih gelar Liga Champions setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0.

Jika membandingkan rapor pramusim Liverpool saat ini dengan beberapa musim sebelumnya, Klopp rasanya pantas untuk khawatir.

Liverpool pernah menjalani pramusim yang buruk saat ditangani Rafael Benitez musim 2009/2010, Roy Hodgson (2010/2011), dan Brendan Rodgers (2012/2013).

Setelah pramusim yang mengecewakan, Benitez memulai musim dengan kekalahan dari Tottenham Hotspur 1-2 dan takluk 1-3 dari Aston Villa saat bermain di Stadion Anfield. The Reds hanya finis di posisi ketujuh Liga Inggris dan gagal melangkah dari fase grup Liga Champions.

Persiapan Butut Liverpool Jelang Musim Baru (buat pagi)Liverpool menyambut pramusim jelang musim baru tidak dengan skuat yang komplet. (Al Bello/Getty Images/AFP)
Catatan itu diulangi Hodgson yang hanya menang dalam tiga laga uji coba pramusim. Mantan pelatih Inter Milan itu bahkan lebih buruk lagi karena tidak bisa mengangkat performa klub.

Hodgson dipecat bulan Januari karena Liverpool hanya berada di peringkat ke-12 klasemen sementara Liga Inggris.

Terakhir Rodgers memimpin Liverpool melakoni empat laga uji coba pada musim panas 2012. Hasilnya hanya satu kemenangan yang diraih pasukan Rodgers di partai persahabatan.

Mengarungi musim yang penuh dengan inkonsistensi, Rodgers hanya bisa menempatkan Liverpool di posisi ketujuh klasemen akhir Liga Inggris di musim tersebut.

"Masalahnya adalah semua laga kami dipublikasikan sehingga semua orang bisa melihat apa yang kami lakukan. Namun kami harus membuktikan diri kami sendiri sepanjang musim, bukan dalam satu pertandingan," ujar Klopp yang tampak tidak terlalu ambil pusing dengan hasil pramusim timnya.

Persiapan Butut Liverpool Jelang Musim Baru (buat pagi)Liverpool mengincar gelar Liga Inggris pada musim ini. (Tim Bradbury/Getty Images/AFP)
Apa pun itu, rangkaian hasil yang diraih Liverpool tidak ideal untuk menatap laga kontra Man City di ajang pembuka musim, Community Shield. Kontras dengan Liverpool, The Citizens menjalani masa pramusim dengan lebih meyakinkan.

Tim arahan Pep Guardiola meraih tiga kemenangan dan hanya satu kali kalah dari empat laga uji coba. Satu-satunya kekalahan terjadi melawan Wolverhampton Wanderers, itu pun melalui adu penalti.

Di luar itu, Raheem Sterling dkk berhasil mengalahkan West Ham United (4-1), Kitchee SC (6-1), dan laga uji coba terakhir melawan Yokohama Marinos (3-1). Kedalaman skuat tim asal Manchester itu juga lebih baik karena mendatangkan Rodri dari Atletico Madrid untuk menjadi pesaing sepadan Fernandinho di pos gelandang bertahan.

"Saya tidak ingin mencari alasan sebelum kami bermain lawan Man City tapi kami benar-benar menjalani pramusim yang berbeda," kata Klopp.

Persiapan Butut Liverpool Jelang Musim Baru (buat pagi)
"Kami bermain tanpa enam pemain. Dari sudut pandang kebugaran, pertandingan datang di momen yang salah," ia melanjutkan.

Manajer asal Jerman itu memang sah-sah saja tetap menatap musim baru dengan penuh optimisme. Faktanya selama pramusim The Reds tanpa Alisson Becker, dan trio lini depan Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane yang masih libur karena baru saja memperkuat timnas masing-masing.

Belum lagi Naby Keita dan Xherdan Shaqiri juga diterpa cedera. Senjata Liverpool pun tidak lengkap selama masa persiapan menyongsong musim baru.

Keita dan Shaqiri sudah mulai berlatih sedangkan Alisson, Firmino, dan Salah bergabung dengan tim untuk pertama kali pada Senin (29/7) waktu setempat. Praktis hanya Mane yang bakal absen saat Liverpool menantang Man City di Stadion Wembley, akhir pekan nanti.

Dengan hasil mengecewakan dan komposisi pemain yang tidak lengkap selama pramusim, Liverpool patut hati-hati jalan mereka di musim ini lebih berliku. Apalagi, tim pengoleksi 19 gelar liga itu membidik trofi Liga Inggris musim ini sebagai target utama.