Verstappen Cetak Sejarah di F1

CNN Indonesia | Sabtu, 03/08/2019 23:31 WIB
Verstappen Cetak Sejarah di F1 Max Verstappen mengukir pole position pada balapan ke-93. (REUTERS/Lisi Niesner)
Jakarta, CNN Indonesia -- Max Verstappen mencatatkan sejarah dalam ajang Formula 1 usai meraih pole position untuk kali pertama setelah tampil di balapan jet darat sejak 2015.

Pebalap tim Red Bull Racing Honda itu mencatatkan waktu satu menit 14,572 detik pada sesi kualifikasi balapan GP Hongaria. Catatan waktu Verstappen tersebut hanya berjarak 0,018 detik dari Valtteri Bottas yang menempati posisi kedua dalam start GP Hongaria.

Verstappen dan Bottas memang sudah saling kejar mengejar untuk membukukan catatan waktu terbaik pada kualifikasi.


Pebalap 21 tahun yang merupakan anak dari mantan pebalap F1 Jos Verstappen itu sudah mengikuti 92 balapan tanpa pernah sekali pun menempati posisi start terdepan.

Meski belum pernah menduduki pole position pada balapan-balapan sebelumnya, Verstappen sudah mengoleksi tujuh kemenangan dan 26 podium selama hampir empat tahun berada di kompetisi teratas balap mobil formula.

Verstappen Cetak Sejarah Baru di F1Max Verstappen diapit Valtteri Bottas (kiri) dan Lewis Hamilton (kanan). (REUTERS/Bernadett Szabo)
Pada musim ini Verstappen juga mampu bersaing di papan atas. Setelah 11 balapan berlalu, pebalap asal Belanda itu menduduki peringkat ketiga di klasemen di bawah Bottas dan pemimpin klasemen Lewis Hamilton.

Juara dunia yang kini menduduki posisi teratas di puncak klasemen pebalap itu tidak mampu menyaingi Verstappen pada kualifikasi GP Hongaria 2019. Hamimlton yang juga menjadi penguasa pole position pada musim ini selain Bottas, tertinggal 0,197 detik dari Verstappen dan harus puas berada di posisi start ketiga.

Verstappen Cetak Sejarah Baru di F1
Sementara dua pebalap Ferrari Charles Leclerc dan Sebastian Vettel secara beruntun menempati posisi start keempat dan kelima.

Rekan satu tim Verstappen, Pierre Gasly, menduduki posisi keenam pada start GP Hongaria diikuti duet pebalap McLaren Renault, Lando Norris dan Carlos Sainz jr.

Romain Grosjean dan Kimi Raikkonen menjadi dua pebalap terakhir yang masuk dalam posisi start 10 besar.

10 Besar Kualifikasi GP Hongaria 2019:

1. Max Verstappen (Red Bull)              1 menit 14,572 detik
2. Valtteri Bottas (Mercedes)               +0,018 detik
3. Lewis Hamilton (Mercedes)              +0,197 detik
4. Charles Leclerc (Ferrari)                  +0,471 detik
5. Sebastian Vettel (Ferrari)                 +0,499 detik
6. Pierre Gasly (Red Bull)                     +0,878 detik
7. Lando Norris (McLaren Renault)        +1,228 detik
8. Carlos Sainz Jr. (McLaren Renault)    +1,820 detik
9. Romain Grosjean (Haas)                   +1,441 detik
10. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo)          +1,469 detik (nva/nva)