GP Belgia: Hubert Meninggal, Ricciardo Sempat Menolak Tampil

CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 14:17 WIB
GP Belgia: Hubert Meninggal, Ricciardo Sempat Menolak Tampil Daniel Ricciardo memiliki hubungan baik dengan Anthoine Hubert. (REUTERS/Brandon Malone)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Formula 1, Daniel Ricciardo, sempat menolak ikut balapan F1 GP Belgia, Minggu (1/9), karena kecelakaan yang merenggut nyawa pebalap Formula 2, Anthoine Hubert.

Pebalap Renault itu diketahui memiliki hubungan yang erat dengan Hubert baik di dalam maupun di luar lintasan. Ricciardo terlihat sangat sedih dan terpukul dalam sesi mengheningkan cipta sebelum balapan F1 dimulai.

Pebalap asal Australia tersebut mengaku sempat tak ingin berpartisipasi pada balapan seri ke-13, namun pertemuan dengan keluarga Hubert membuatnya ingin berpartisipasi balapan dengan memberikan penghargaan kepada Hubert.


"Saya tentu mempertanyakan keputusan saya tadi malam tetapi setelah tidur dan kemudian melihat beberapa anggota keluarganya [Hubert] di sini hari ini, itulah yang memberi saya lebih banyak kekuatan daripada yang lain," ujar pebalap yang sudah meraih tujuh kemenangan di ajang F1 seperti dikutip dari Crash.

Hubert Meninggal Dunia, Ricciardo Sempat Tolak BalapanAnthoine Hubert meninggal pada balapan Formula 2 di Belgia, Sabtu (31/8). (AP Photo/Francisco Seco)
Ricciardo mengawali start di posisi 10 dan harus puas finis di posisi 14 tanpa raihan poin. Meski begitu, ia mengaku tak terlalu memikirkan hal tersebut dan merasa lega lantaran balapan telah berakhir.

[Gambas:Video CNN]
"Saya senang balapan berakhir. Saya tahu ini aneh bahwa cara terbaik yang dapat dilakukan untuk memberikan rasa hormat adalah dengan balapan hari ini. Tetapi saya tidak berpikir bahwa ada di antara kita yang benar-benar ingin berada di sini atau balapan. Setidaknya saya berbicara untuk diri sendiri. Tapi saya yakin saya bukan satu-satunya."

"Pasti sulit berada di sini dan mencoba untuk memasang wajah tegar untuk semua orang. Banyak orang di paddock merasa sedih setelah kejadian kemarin. Semua orang merasa lega bahwa balapan telah selesai dilakukan. Kami akan pindah dari sini dan semoga ini terakhir kalinya hal ini terjadi," kata Ricciardo.

Hubert Meninggal Dunia, Ricciardo Sempat Tolak Balapan
Kejadian yang menewaskan Hubert terjadi pada lap kedua balapan feature race F2, Sabtu (31/8). Kecelakaan juga membuat pembalap Sauber Junior, Juan Manuel Correa, mengalami dua patah tulang kaki dan cedera punggung. (mcf/ptr)