Ferguson: Masalah Cedera Owen Bermula di Awal Karier

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 01:46 WIB
Ferguson: Masalah Cedera Owen Bermula di Awal Karier Sir Alex Ferguson menilai masalah cedera Michael Owen bermula dari jadwal padat di awal karier. (AFP PHOTO / PATRICK KOVARIK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson menilai masalah cedera yang menghambat perkembangan karier Michael Owen bermula di awal karier mantan pemain Liverpool tersebut.

Owen bersinar sebagai pemain muda brilian sejak tahun 1997. Di usia 17 tahun, Owen sudah menembus tim utama Liverpool dan diyakini memiliki masa depan cerah.

Ferguson menganggap masalah cedera Owen dimulai ketika Owen mendapat jadwal berat di usia 17 tahun tersebut.


"Saya selalu berpikir ada momen penting bagi perjalanan karier pemain, yaitu debut di tim utama, gol pertama, atau saat mereka memutuskan menikah, itu semua adalah batu loncatan."

"Untuk karier Michael Owen, momen krusial adalah di tahun 1997 saat ia bermain untuk tim muda Inggris di Malaysia. Di tim kami, ada dua pemain yang juga bermain saat itu, yaitu John Curtis dan Ronnie Wallwork," ucap Ferguson seperti dikutip dari Daily Mail.
Ferguson: Masalah Cedera Owen Bermula di Awal KarierMichael Owen bisa dengan cepat menembus tim utama Liverpool.(AFP PHOTO / ODD ANDERSEN)
Setelah menjalani FIFA U-20 1997 di Malaysia, Ferguson menilai Owen langsung dihadapkan pada jadwal berat.

"Kami membuat keputusan untuk memberikan dua pemain muda kami istirahat selama sebulan agar kondisi fisik mereka bisa pulih. Namun tidak demikian dengan Michael Owen, ia langsung dipercaya masuk ke tim utama."
[Gambas:Video CNN]
"Saya berbicara dengan Gerard Houiller beberapa tahun kemudian dan ia juga setuju bahwa Michael Owen kehilangan kesempatan untuk berkembang, baik secara teknik maupun fisik. Meski demikian, saya tak bisa menyatakan dengan pasti bahwa itu adalah alasan utama masalah hamstring yang dialami Owen sepanjang kariernya," kata Ferguson.

Owen sendiri langsung tampil spektakuler dengan merebut sepatu emas Liga Inggris di musim 1997/1998 dan 1998/1999. Ia berkembang menjadi mesin gol mematikan di usia yang masih muda.
Ferguson: Masalah Cedera Owen Bermula di Awal Karier

Torehan 158 gol dalam 297 penampilan bersama Liverpool membuat Real Madrid berminat merekrut Owen pada 2004. Hanya satu musim di Real Madrid, Owen kembali ke Liga Inggris untuk memperkuat Newcastle United.


Pada momen inilah penampilan Owen menurun drastis akibat cedera, padahal saat itu Owen baru menginjak usia 26 tahun. Pindah ke Manchester United di 2009 juga tak mampu menolong kebangkitan Owen. Owen akhirnya pensiun di tahun 2013.