Skuat Termahal di Dunia: Manchester City Kalahkan PSG

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 10:54 WIB
Skuat Termahal di Dunia: Manchester City Kalahkan PSG Manchester City dinobatkan menjadi klub dengan skuat termahal. (REUTERS/David Klein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester City dinobatkan sebagai klub sepak bola dengan skuat termahal di dunia mengalahkan dua klub kaya lainnya, Paris Saint-Germain dan Real Madrid.

Berdasarkan studi yang dilakukan CIES Football Observatory, Man City memiliki skuat yang bernilai 1,014 miliar euro atau setara Rp15,7 triliun. Gelandang asal Spanyol, Rodri, tercatat sebagai pemain termahal Man City ketika dibeli 62,8 juta poundsterling dari Atletico Madrid.

Sayang skuat mahal Man City yang dibentuk untuk Pep Guardiola hingga kini belum mampu merebut gelar Liga Champions. Sementara di kompetisi domestik, Man City menjadi 'Raja' dengan merebut tiga gelar: Premier League, Piala FA, dan Piala Liga.


Di posisi kedua ada PSG yang diklaim memiliki skuat bernilai 913 juta euro atau setara Rp14,1 triliun. Penyerang asal Brasil Neymar menjadi pemain termahal PSG dengan 222 juta euro.

Neymar pemain termahal di skuat PSG.Neymar pemain termahal di skuat PSG. (FRANCK FIFE / AFP)
Real Madrid hanya menduduki posisi ketiga klub termahal di dunia. Klub yang dibesut Zinedine Zidane itu diklaim bernilai 902 juta euro atau setara Rp13,9 triliun dengan Gareth Bale (100 juta euro) pemain termahal.

[Gambas:Video CNN]
Rival satu kota Man City, Manchester United, tetap menjadi salah satu klub dengan skuat termahal di dunia meski jarang berprestasi sejak era Sir Alex Ferguson. MU saat ini memiliki skuat bernilai 751 juta euro atau setara Rp11,6 triliun.

Skuat Termahal di Dunia: Manchester City Kalahkan PSG
Posisi kelima ditempati Juventus. Meski sering mendapatkan pemain secara gratis, Juventus saat ini memiliki skuat bernilai 719 juta euro atau setara Rp11,1 triliun.

Ketimpangan nilai skuat sangat terasa di Liga Spanyol. Real Mallorca yang menjadi klub La Liga dengan skuat termurah, punya nilai 148 kali lebih murah dibanding skuat Madrid.

Klub dengan skuat termahal:

1. Manchester City: 1,014 miliar euro
2. Paris Saint Germain: 913 juta euro
3. Real Madrid: 902 juta euro
4. Manchester United: 751 juta euro
5. Juventus: 719 juta euro (har/jal)