St-Pierre: UFC Khawatir Saya Menang Lawan Khabib

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 06:30 WIB
St-Pierre: UFC Khawatir Saya Menang Lawan Khabib Georges St-Pierre hanya ingin duel lawan Khabib Nurmagomedov tanpa syarat harus berlaga lawan petarung lain bila menang. (Mike Stobe/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Georges St-Pierre (GSP) tak yakin duel lawan Khabib Nurmagomedov bisa disetujui oleh UFC lantaran status Khabib sebagai petarung paling fenomenal saat ini.

St-Pierre sudah mengumumkan pensiun dari dunia MMA pada awal 2019. Beberapa bulan sebelumnya, St-Pierre sudah dinyatakan sembuh dari cedera berkepanjangan namun belum menentukan lawan berikutnya. GSP melihat tidak ada peluang menghadapi Khabib dan tak ada lagi tantangan tersisa sehingga ia memutuskan untuk mundur.


Namun setelah menang atas Dustin Poirier, Khabib menyatakan bahwa ia siap menghadapi St-Pierre bila GSP bersedia bertanding di kelas ringan. Selain itu Presiden UFC Dana White sudah menyatakan bahwa ia membuka peluang untuk laga tersebut.


Meski sudah ada lampu hijau dari Khabib dan UFC, St-Pierre tetap menilai duel antara dirinya dan Khabib tidak akan mudah terlaksana. Pasalnya, St-Pierre menyatakan bila ia kembali bertarung, maka itu hanya untuk duel lawan Khabib, tanpa mau terikat kontrak untuk pertarungan lain.

Khabib Nurmagomedov bersedia bertarung melawan Georges St-Pierre.Khabib Nurmagomedov bersedia bertarung melawan Georges St-Pierre. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

"Agen saya menjelaskan bahwa Khabib mewakili investasi besar untuk UFC. Dia mencapai level yang berbeda, mulai dari negara di Timur Tengah dan negara muslim mengidolakan dirinya. Dia adalah ikon."

"Bayangkan, mereka sudah menginvestasikan banyak uang untuk mempromosikan laga besar antara saya dan Khabib, lalu saya memenangkan pertarungan. Setelah itu saya keluar. Saya memang tak tertarik menandatangani kontrak melawan Khabib dengan perjanjian saya harus kembali bertarung melawan penantang lain," ucap St-Pierre dalam wawancara dengan DAZN, dikutip dari MMA Weekly.

St-Pierre: UFC Khawatir Saya Menang Lawan Khabib
Khabib sendiri sudah sejak lama menaruh rasa penasaran dengan duel lawan GSP. St-Pierre pensiun dengan catatan tak terkalahkan dalam 13 duel terakhir. Terakhir kali GSP kalah adalah lawan Matt Serra pada 2007.

Setelah momen itu, St-Pierre terus menang hingga 2013 dan kemudian kembali menang ketika ia come back di 2017. Dana White sempat kecewa karena St-Pierre dianggap mengingkari janji untuk aktif bertarung usai menang lawan Michael Bisping di 2017. (ptr/jal)