Anggota Exco PSSI Minta Simon Diistirahatkan

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 14:40 WIB
Anggota Exco PSSI Minta Simon Diistirahatkan Simon McMenemy meraih hasil buruk di dua laga awal menukangi Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi, secara pribadi meminta agar Simon McMenemy diistirahatkan dari posisi pelatih Timnas Indonesia menyusul dua kekalahan beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Yunus mengatakan setelah melihat kekalahan Timnas Indonesia dari Malaysia dan Thailand, ia menilai Simon belum waktunya menjabat sebagai pelatih tim Merah Putih.

"Latar belakang kami memilih Simon kemarin karena prestasinya bersama Bhayangkara FC. Tapi kalau dari dua pertandingan kemarin, saya pribadi merasa Simon harus diistirahatkan dulu sebagai pelatih," kata Yunus kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/9).


Kinerja Simon di dua laga awal Grup G juga mendapat kritik pedas dari Yunus. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Kompetisi PSSI menilai pergantian pemain yang dilakukan Simon saat melawan Malaysia terlalu cepat.
Anggota Exco PSSI Minta Simon DiistirahatkanTimnas Indonesia dua kali menelan kekalahan di Stadion GBK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Waktu kita unggul 2-1, kenapa dia mengganti Saddil (Ramdani). Padahal saat itu lini belakang kita sudah keropos dan harusnya kita bertahan. Kalau lawan Thailand, kita memang sudah kalah level," ujar Yunus.
[Gambas:Video CNN]
Menurut Yunus, level permainan Timnas Indonesia memang belum bisa disetarakan dengan Malaysia maupun Thailand. Kedua rival Timnas Indonesia disebut punya persiapan yang jauh lebih bagus dengan dukungan maksimal dari negaranya masing-masing.
Anggota Exco PSSI Minta Simon Diistirahatkan
Yunus memastikan PSSI akan segera menggelar evauasi terkait penampilan Timnas Indonesia di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, Yunus belum bisa memastikan kapan evaluasi itu bakal digelar.

"Ya pasti secepatnya kita akan gelar evaluasi. Kita lagi tunggu kabar dari Pak Iwan sebagai Plt Ketua Umum. Mudah-mudahan bisa pekan ini," ucap Yunus.

Timnas Indonesia memulai Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan dua laga kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Stefano Lilipaly menelan kekalahan 2-3 saat menghadapi Malaysia di laga pertama dan kalah dengan skor telak 0-3 saat berhadapan dengan Thailand.

Hasil buruk ini membuat Timnas Indonesia terpuruk di posisi juru kunci klasemen sementara tanpa satu poin pun di Grup G. Timnas Indonesia terpaut empat poin dari Thailand yang menempati puncak klasemen. (TTF/jal)