Ketika Habibie Sebut Ronaldo Ganteng

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 19:46 WIB
Ketika Habibie Sebut Ronaldo Ganteng BJ Habibie mengundang Indra Sjafri dan stafnya saat di Bali United. (CNN Indonesia/Martinus Adinata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie mengatakan bintang Juventus Cristiano Ronaldo sebagai pesepakbola ganteng.

Habibie bukan suporter, bukan juga maniak sepak bola. Tetapi Habibie tahu perkembangan si kulit bundar.

Mantan Menteri Riset dan Teknologi itu lugas bicara soal sepak bola dan olahraga saat menerima kunjungan Indra Sjafrie saat menjadi pelatih Bali United pada 2016 lalu.


Habibie mengundang Indra Sjafri beserta stafnya karena ingin tahu perkembangan cucunya, Muhammad Rafid Habibie, yang ketika itu tengah dibina di Serdadu Trdatu.

Dalam diskusi dengan Indra yang kini menangani Timnas Indonesia U-23, Bapak Teknologi Indonesia itu rajin menyebut nama pemain berjuluk CR7 tersebut.

BJ Habibie sebut Cristiano Ronaldo pesepakbola ganteng.BJ Habibie sebut Cristiano Ronaldo pesepakbola ganteng. (REUTERS/Juan Medina)
"Ronaldo itu hebat, ganteng lagi," ujar BJ Habibie yang lantas disambut gelak tawa peserta diskusi.

Menurut BJ Habibie, olahraga dan sepak bola merupakan hal perlu dilakukan banyak orang. Dua aktivitas itu dalam pandangan Habibie bisa meningkatkan kualitas jiwa manusia.

[Gambas:Video CNN]
"Olahraga adalah salah satu cara meningkatkan jiwa, roh, batin, hati nurani, dan akhlak manusia," tutur pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan itu.

Lebih dari itu sepak bola menurut BJ Habibie mengajarkan manusia tentang cara kerja sama dan sportivitas.

Ketika Habibie Sebut Ronaldo Ganteng
"Bermain sepak bola itu bukan olahraga perorangan, melainkan olahraga tim. Tak bisa kita bilang semua yang di lapangan hasil karyanya Ronaldo," ucap BJ Habibie.

"Ronaldo memang menonjol, tapi tanpa timnya dia takkan berarti. Selain itu, olahraga juga berarti sportivitas, jadi kita harus bisa menerima kekalahan," kata Habibie menambahkan.

Kini BJ Habibie telah tiada. BJ Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB, di usia 83 tahun. (sry/bac)