Amerika Serikat Tersingkir dari Kejuaraan Dunia Basket

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 22:07 WIB
Amerika Serikat Tersingkir dari Kejuaraan Dunia Basket Amerika Serikat tersingkir di babak perempat final usai kalah dari Prancis. (AP Photo/Ng Han Guan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat yang merupakan favorit juara Kejuaraan Dunia Basket FIBA gagal lolos ke babak semifinal setelah kalah dari Prancis dengan skor 89-79, Rabu (11/9).

Amerika Serikat mendapat perlawanan ketat dari Prancis. Setelah bermain imbang 18-18 di kuarter pertama, Prancis memimpin tiga bola, 45-39 di akhir kuarter kedua.


Donovan Mitchell dan kawan-kawan sempat menunjukkan sinyal kebangkitan di kuarter ketiga. Torehan 27 poin di kuarter tersebut membuat Amerika Serikat berbalik unggul 66-63.


Namun keunggulan tiga poin memasuki kuarter keempat yang dibawa Amerika Serikat tidak berhasil dipertahankan. Prancis mencetak 26 poin, berbanding 13 angka yang ditorehkan Amerika Serikat, sehingga Prancis sukses mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 89-79.

Rudy Gobert jadi bintang kemenangan Prancis atas Amerika Serikat.Rudy Gobert jadi bintang kemenangan Prancis atas Amerika Serikat. (AP Photo/Ng Han Guan)

Evan Fournier jadi pencetak poin terbanyak untuk Amerika Serikat lewat catatan 22 poin seangkan Rudy Gobert membukukan double-double dengan catatan 21 poin plus 16 rebound.
[Gambas:Video CNN]
Kekalahan ini membuat Amerika Serikat gagal mempertahankan trofi Kejuaraan Dunia Basket yang mereka dapatkan dalam dua edisi sebelumnya, 2010 dan 2014.

Prancis akan menghadapi Argentina di babak semifinal. Argentina sendiri lolos ke babak semifinal setelah menang atas Serbia dengan skor 97-87.

Amerika Serikat Tersingkir dari Kejuaraan Dunia Basket

Satu laga semifinal lainnya akan mempertandingkan antara Spanyol lawan Australia. Spanyol lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Polandia dengan skor 90-78 sedangkan Australia menaklukkan Rep.Ceko dengan skor 82-70


Babak semifinal akan berlangsung pada Jumat (13/9). (ptr/ptr)