Khabib vs Ferguson, Empat Kali Gagal Duel di UFC

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 10:30 WIB
Khabib vs Ferguson, Empat Kali Gagal Duel di UFC Khabib Nurmagomedov dan Tony Ferguson sama-sama dua kali jadi penyebab gagalnya empat rencana duel di antara mereka. ( Harry How/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rencana duel Khabib Nurmagomedov dengan Tony Ferguson kembali beredar. Di masa lalu, duel ini empat kali gagal terlaksana.

Setelah Khabib berhasil mengalahkan Dustin Poirier ahir pekan lalu, rencana duel Khabib dengan sejumlah petarung mulai mengalir. Ferguson adalah salah satu favorit kuat untuk menjadi lawan Khabib.

Nama Ferguson sendiri bukan nama yang asing bagi Khabib. Di masa lalu, dikutip dari MMA Imports, duel Khabib lawan Ferguson sudah beberapa kali direncanakan namun gagal.


Total ada empat kali rencana duel Khabib lawan Ferguson yang berujung kegagalan. Khabib dan Ferguson sama-sama berperan dalam kegagalan tersebut.

Tony Ferguson dan Khabib Nurmagomedov sudah empat kali dijadwalkan bertemu namun selalu gagal.Tony Ferguson dan Khabib Nurmagomedov sudah empat kali dijadwalkan bertemu namun selalu gagal. (Alex Trautwig/Getty Images/AFP)
Duel pertama Khabib lawan Ferguson direncanakan terjadi pada tahun 2015. Duel itu direncanakan berlangsung pada bulan Desember. Namun kemudian duel itu batal digelar lantaran Khabib mengalami cedera tulang rusuk dan menarik diri dari pertarungan dua bulan sebelum laga dimulai.

Posisi Khabib kemudian digantikan oleh Edson Barboza di laga tersebut. Ferguson sukses mengalahkan Barboza dengan submission.

Batal di pengujung 2015 duel Khabib lawan Ferguson dijadwalkan ulang pada tahun 2016. Pada kesempatan kali ini, giliran Ferguson yang menarik diri dari pertarungan 11 hari sebelum duel tersebut digelar lantaran masalah paru-paru.

[Gambas:Video CNN]
Posisi Ferguson digantikan Darrell Horcher. Khabib lalu menang TKO di ronde kedua saat menghadapi Horcher.

Niat menggelar duel Khabib lawan Ferguson kembali terjadi di tahun 2017. Kedua petarung itu direncanakan tampil di UFC 219. Namun beberapa hari sebelum laga digelar, Khabib gagal tampil dalam acara timbang badan. Khabib dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami masalah saat program penurunan berat badan.

Upaya berikutnya memanggungkan Khabib dengan Ferguson ada pada tahun 2018. Saat itu semua terlihat lancar, namun kemudian laga tersebut kembali batal karena Ferguson tersandung dan terjatuh karena kabel sehingga menyebabkan ia mengalami robek otot di bagian lutut.

Khabib akhirnya menghadapi Al Laquinta karena Max Holloway yang ditunjuk sebagai pengganti Ferguson ternyata juga tidak dalam kondisi sehat. Khabib sukses menang dan merebut sabuk gelar juara dunia kelas ringan.

Khabib vs Ferguson, Empat Kali Gagal Duel di UFC
Kini, Ferguson kembali jadi nama favorit untuk menghadapi Khabib. Sebagai pemilik peringkat kedua dalam daftar ranking UFC untuk kelas ringan, Ferguson layak mendapatkan kesempatan ini.

Namun Ferguson akan mendapat saingan berat. Nama Georges St-Pierre yang merupakan legenda UFC masuk dalam bursa penantang Khabib. Tak hanya itu, Conor McGregor juga kembali masuk dalam daftar calon lawan Khabib. (ptr/jun)