Masuk Bursa Calon Ketua PSSI, Gusti Randa Belum Siap

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 14:24 WIB
Masuk Bursa Calon Ketua PSSI, Gusti Randa Belum Siap Gusti Randa merasa belum siap saat disinggung masuk masuk dalam bursa calon Ketua PSSI. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Exco PSSI Gusti Randa enggan mengamini ketika disinggung soal kemungkinan maju dalam bursa bakal calon Ketua Umum PSSI 2019-2023. Ia mengaku belum siap meski dari persyaratan sudah memenuhi.

Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) memperketat persyaratan dalam penjaringan calon Ketua Umum PSSI kali ini. Selain persyaratan wajib yang terdapat di statuta, KP menambahkan sejumlah persyaratan lain yang harus dipenuhi.

Salah satunya persyaratan tambahan yang diberikan KP yakni sanggup untuk menjalankan blue print program sepak bola nasional yang sudah disupervisi dan disetujui FIFA dan AFC. Sebagai Exco PSSI saat ini, Gusti dianggap cukup mengetahui program-program yang sudah, sedang dan akan dijalankan.


Menurut Gusti, banyak hal yang harus disiapkan untuk maju sebagai bakal calon Ketua Umum PSSI. Cara pandang PSSI pun dinilai harus lebih luas dibanding apa yang telah keluar di permukaan saat ini.

Edy Rahmayadi memilih mundur dari jabatan Ketua PSSI pada Kongres Tahunan PSSI Januari 2019. (Edy Rahmayadi memilih mundur dari jabatan Ketua PSSI pada Kongres Tahunan PSSI Januari 2019. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
"Belum kepikiran [maju jadi bakal calon Ketum PSSI]. Jadi Ketua PSSI menurut pribadi saya selain harus punya kecakapan dalam sepak bola, juga harus mengerti apa itu PSSI. Ditambah lagi mempunyai jejaring internasional, harus punya komunikasi yang baik. Tidak usah jauh-jauh ke FIFA, minimal di AFF, lalu dengan konfederasi [AFC], itu yang kita butuhkan," ujar Gusti.

Selain itu, Gusti menambahkan, menjadi seorang Ketua Umum PSSI juga harus siap jadi sasaran 'tembak' masyarakat yang harus prestasi. Sebab salah satu tolok ukur kesuksesan PSSI dinilai dari prestasi Timnas.

"Sebaik apapun Anda mengelola, sebagus apapun federasinya, kalau Timnas jeblok, tidak dipandang. Itu akan menerima hujatan, nah jadi Ketua PSSI kupingnya tidak boleh tipis. Itu syarat utama. Saya memang sudah kebal kuping dan kebal hati, tapi saya belum kepikiran, belum tentu juga maju," ujar Gusti.

Masuk Busa Calon Ketua PSSI, Gusti Randa Belum Siap
PSSI secara resmi membuka pendaftaran bakal calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Exco pada Kamis (12/9) sampai 3 Oktober mendatang. Sedangkan Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan Ketua Umum PSSI 2019-2023 bakal digelar pada 2 November mendatang.

Sejauh ini ada tiga nama yang ramai disebut bakal maju dalam bursa calon Ketua Umum PSSI. Mereka adalah Komjen Pol Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono. (TTF/nva)