Motivasi Timnas U-16 Melonjak Jelang Kualifikasi Piala Asia

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 17:05 WIB
Motivasi Timnas U-16 Melonjak Jelang Kualifikasi Piala Asia Timnas Indonesia U-16 bakal berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2020. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menilai kemampuan para penghuni skuat Garuda Muda mengalami peningkatan jelang laga Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Indonesia tergabung dalam Grup G bersama Filipina, Kepulauan Mariana Utara, Brunei Darussalam, dan China. Rangkaian pertandingan akan digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

"Secara umum kita sudah siap untuk kualifikasi ini. Pemain punya banyak pengalaman selama Piala AFF dan beberapa uji coba. Uji coba Myanmar dan Qatar sangat berharga buat pemain untuk menghadapi kualifikasi AFC ini, semoga kita bisa memberikan yang terbaik," kata Bima Sakti saat konferensi pers di Hotel Century, Jumat (13/9).


Bima Sakti menyebut banyak kendala yang dihadapi selama menjalani persiapan maupun uji coba di awal. Terutama beberapa hasil minor ketika uji coba menghadapi tim-tim lokal.

Performa Timnas U-16 Meningkat Jelang Kualifikasi Piala AsiaKonferensi pers jelang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Namun, penampilan Muhammad Valeron dan kawan-kawan terus mengalami peningkatan saat tampil di Piala AFF dan dua turnamen lain di Myanmar dan Qatar.

"Saya tidak tahu ini muncul dari mana pemain punya motivasi untuk mengharumkan nama bangsa. Mereka bisa mengeluarkan kemampuannya yang selama ini mereka dapat, baik dari klub maupun persiapan," ujar Bima.

[Gambas:Video CNN]
Bahkan, Bima memuji penampilan pemainnya saat ini yang sudah bisa mengikuti filosofi sepak bola Indonesia.

"Main mereka sekarang tidak jauh-jauh dari filosofi kita. Mereka main sesuai yang kita gaungkan, main bola ala Indonesia," imbuhnya.

Di laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16, Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan Filipina. Kedua tim kesebelasan sebelumnya juga pernah bertemu di Piala AFF U-16 pada pertengahan Juli lalu.

Performa Timnas U-16 Meningkat Jelang Kualifikasi Piala Asia
Kala itu, Timnas Indonesia U-16 menang 4-0 lewat gol yang dicetak Marselino Ferdinan, Wahyu Agung, Marcell Januar, dan Alexandro Felix.

"Kita pernah bertemu di Piala AFF kemarin, tapi itu bukan ukuran. Saya bilang ke anak-anak kita harus fokus dan respek kepada siapa saja lawannya dan memberikan yang terbaik," jelasnya.

Sementara itu, Pelatih Filipina Roxy Dorlas juga mengatakan telah melakukan persiapan maksimal baik dari segi fisik maupun mental untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-16 2019. Dorlas menyebut pemainnya tak sabar untuk memulai turnamen ini.

"Saya pikir Indonesia adalah tim yang kuat buat kami. Kali ini mungkin lebih kuat karena didukung suporternya. Atmosfer pertandingan pasti sangat berbeda dan kami sudah bekerja keras untuk memastikan persiapan jelang lawan Indonesia. Saya minta pemain supaya lebih disiplin saat bertahan maupun menyerang," ujar Dorlas. (ttf/nva)