Indonesia, Satu-satunya Wakil ASEAN di Piala Asia U-16

CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 08:56 WIB
Indonesia, Satu-satunya Wakil ASEAN di Piala Asia U-16 Timnas Indonesia U-16 jadi satu-satunya tim ASEAN yang lolos ke putaran final Piala Asia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-16 jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang lolos ke putaran final Piala Asia u-16 di Bahrain tahun depan.

Dari 16 tim peserta putaran final, Indonesia jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara. Thailand gagal lolos dari grup K, Malaysia tak bisa menghadapi persaingan di grup J, begitu juga dengan Vietnam yang tak bisa lolos dari grup H.

Dengan lolos ke putaran final, Timnas Indonesia akan punya peluang untuk beradu strategi melawan tim-tim dengan tradisi sepak bola bagus di Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, hingga Iran.


Timnas Indonesia sendiri sukses melewati babak kualifikasi dengan baik. Meski gagal menjadi juara grup, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mampu jadi satu dari empat runner up terbaik.

Timnas Indonesia melalui babak kualifikasi tanpa terkalahkan.Timnas Indonesia melalui babak kualifikasi tanpa terkalahkan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dalam klasemen penentuan runner up terbaik, Indonesia ada di posisi kedua di bawah Yaman. Sementara itu Vietnam, Thailand, dan Laos yang juga jadi runner up grup kalah dalam perhitungan poin dalam duel penentuan juara grup.
[Gambas:Video CNN]
Timnas Indonesia U-16 memang tampil menggigit di sepanjang babak kualifikasi. Berstatus sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 tidak terkalahkan dalam empat laga yang mereka jalani.

Indonesia, Satu-satunya Wakil ASEAN di Piala Asia U-16

Timnas Indonesia menggelontorkan 27 gol dalam empat laga dan hanya kebobolan satu gol. Kegagalan Timnas Indonesia U-16 jadi juara grup hanya lantaran kalah selisih gol dari China.

Marselino Ferdinan jadi mesin gol Indonesia di babak kualifikasi dengan catatan tujuh gol. (ptr/ptr)