Messi-Ronaldo Dianggap Tak Layak Masuk Tim Terbaik FIFA

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 15:47 WIB
Messi-Ronaldo Dianggap Tak Layak Masuk Tim Terbaik FIFA Lionel Messi dianggap tak lagi layak masuk tim terbaik FIFA. (AP Photo/Antonio Calanni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua megabintang sepak bola Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dianggap tidak lagi layak masuk ke dalam skuat terbaik FIFA dan perlu digantikan pemain lain.

Ronaldo dan Messi sudah 12 musim beruntun masuk ke dalam susunan pemain terbaik FIFA atau versi FIFPro. Termasuk di dalam daftar pemain terbaik FIFA 2019 yang diumumkan di Milan, Italia, 23 September.

Messi dan Ronaldo menempati posisi penyerang pemain terbaik FIFA 2019. Akan tetapi, keberadaan Messi dan Ronaldo di dalam daftar tersebut mendapat kritik dari gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum.


Di mata Wijnaldum, Ronaldo yang memiliki julukan CR7 serta Messi tidak lagi layak dimasukkan ke dalam susunan pemain terbaik FIFA, sehingga perlu digantikan pemain lain.

"Ronaldo dan Messi akan selalu ada di sana (tim terbaik FIFA), bahkan jika mereka tidak memiliki musim yang hebat. Mungkin itu perlu diganti," ujar Wijnaldum dikutip dari Business Insider.

Cristiano Ronaldo sudah 12 musim beruntun ada di tim terbaik FIFA.Cristiano Ronaldo sudah 12 musim beruntun ada di tim terbaik FIFA. (AP Photo/Bernat Armangue)
Gelandang asal Belanda itu pun menyebut sejumlah pemain yang dinilai pantas menggantikan posisi Ronaldo dan juga La Pulja, julukan Messi.

[Gambas:Video CNN]
"Bagi saya, Andy Robertson dan Trent [Alexander-Arnold] seharusnya berada di sana. Saya pikir Sadio [Mane] dan Mo [Mohamed Salah] harus ada di sana juga," ucap Wijnaldum menambahkan.

Messi-Ronaldo Dianggap Tak Layak Masuk Tim Terbaik FIFA
Kritik yang dilontarkan Wijnaldum itu bukan tanpa alasan. Baik Ronaldo dan Messi hanya meraih gelar domestik di musim lalu. Bersama Juventus, Ronaldo menjuarai Liga Italia dan Piala Super Eropa, sedangkan Messi memenangi Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Sementara itu, di musim lalu Liverpool menjuarai Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 di Stadion Wanda Metropolitano. (sry/jal)