Timnas Indonesia Kembali Lawan Pelatih Kaliber Piala Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 17:20 WIB
Timnas Indonesia Kembali Lawan Pelatih Kaliber Piala Dunia Timnas Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab dan Vietnam. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia akan kembali menghadapi pelatih kaliber Piala Dunia saat melawan Uni Emirat Arab pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, 10 Oktober mendatang.

Timnas Uni Emirat Arab saat ini ditangani pelatih papan atas asal Belanda Bert van Marwjik. Pelatih 67 tahun itu memiliki pengalaman dua kali melatih di Piala Dunia, pada 2010 bersama timnas Belanda dan 2018 bersama timnas Australia.

Pada Piala Dunia 2010, Van Marwijk berhasil membawa Belanda lolos hingga ke babak final. Sayang, di laga puncak tim Oranje dikalahkan Spanyol 0-1 lewat gol Andres Iniesta di babak tambahan.


Van Marwijk gagal menyamai sukses di Piala Dunia 2010 ketika melatih Australia di Piala Dunia 2018. Socceroos terpuruk di babak Grup C setelah kalah dari Perancis dan Peru serta bermain imbang melawan Denmark.

Timnas Thailand saat ini dilatih Akira Nishino.Timnas Thailand saat ini dilatih Akira Nishino. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Van Marwijk ditunjuk menjadi pelatih timnas Uni Emirat Arab pada 20 Maret 2019. Sejak saat itu Walid Abbas dan kawan-kawan berhasil meraih tiga kemenangan dengan mengalahkan Arab Saudi, Republik Dominika dan Malaysia.

Timnas Indonesia Kembali Lawan Pelatih Kaliber Piala Dunia
Federasi Sepak Bola Australia (FFA) memutuskan untuk melepas Van Marwijk usai Piala Dunia 2018 dan menggantinya dengan Graham Arnold.

Ini adalah kali kedua beruntun Timnas Indonesia menghadapi tim dengan pelatih kaliber Piala Dunia. Sebelumnya, tim Garuda dikalahkan Thailand 0-3 yang saat ini dilatih Akira Nishino yang merupakan pelatih timnas Jepang di Piala Dunia 2018.

[Gambas:Video CNN]
Timnas Indonesia saat ini sedang terpuruk di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dua kekalahan beruntun dari Malaysia dan Thailand membuat Indonesia berada di posisi buncit.

Usai melawan timnas Uni Emirat Arab, Indonesia akan menjamu Vietnam pada 15 Oktober 2019. (har/nva)