Empat Pemain Absen di Latihan Perdana Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 11:38 WIB
Empat Pemain Absen di Latihan Perdana Timnas Indonesia Empat pemain absen dalam latihan perdana Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat pemain absen di pemusatan latihan (TC) perdana Timnas Indonesia jelang berangkat ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk laga tandang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu (2/10). Mereka adalah Yanto Basna, Novri Setiawan, Beto Goncalves, dan Manahati Lestusen.

Yanto Basna diketahui masih berada di Thailand bersama klubnya, Sukhothai FC dan direncanakan bakal menyusul langsung ke Dubai, Kamis (3/10). Sedangkan Beto Goncalves masih akan membela Madura United pada laga melawan Persib Bandung di Liga 1 2019 pada Sabtu (5/10) sebelum terbang di Dubai, Minggu (6/10).

Manahati juga tidak mengikuti latihan karena baru datang dari Ambon usai menjenguk keluarganya yang tertimpa musibah gempa. Adapun Novri batal bergabung dengan Timnas Indonesia karena mengalami cedera.


Absennya empat pemain ini membuat sesi latihan tim hanya diikuti 21 pemain dari 25 pemain yang dipanggil. Skuat Garuda sendiri hanya melakoni satu kali latihan di Jakarta dan malam nanti akan berangkat ke Dubai untuk melanjutkan persiapan jelang laga kontra UEA, 10 Oktober mendatang.

Empat Pemain Absen di Latihan Perdana Timnas IndonesiaBeto Goncalves akan menyusul Timnas Indonesia pada 6 Oktober mendatang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Soal Beto, memang kondisinya tidak ideal. Tapi kita di Indonesia selalu bisa ada negosiasi. Memang latihan atau persiapan jadi tidak sempurna, tetapi kami harus bisa menghadapi situasi ini. Anggap saja hambatan," kata pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy usai menggelar latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Rabu (2/10).

[Gambas:Video CNN]
"Novri, nanti kami akan bicara dengan Persija. [Kemungkinan mengganti Novri] ya, saya akan bicara dulu dengan Persija," sambung Simon.

Dalam skuat saat ini Simon memanggil tiga pemain debutan yaitu Wawan Hendrawan (Bali United), Wawan Febrianto (PS Tira Persikabo), dan Dendi Santoso (Arema FC).

Empat Pemain Absen di Latihan Perdana Timnas Indonesia
Pelatih asal Skotlandia itu optimistis para pemain baru tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan strategi yang diinginkannya.

"Tentu pemain baru masih butuh adaptasi, tetapi saya senang latihan hari ini karena Wawan Febrianto tadi mencetak gol saat latihan. Lalu Dendi, dia punya pengalaman main di tim nasional [U-23] sebelumnya dan dia juga main di Arema. Tujuan saya memanggil pemain-pemain baru ini adalah buat memberikan penyegaran," ucap Simon..

Timnas Indonesia akan melakoni dua laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan UEA dan berikutnya, Vietnam pada 15 Oktober. Tim Merah Putih sendiri menghuni posisi juru kunci klasemen sementara Grup G. (TTF/jal)