LAPORAN DARI THAILAND

Fan Marquez di Stan MotoGP Thailand Lebih Banyak dari Rossi

CNN Indonesia | Minggu, 06/10/2019 17:36 WIB
Fan Marquez di Stan MotoGP Thailand Lebih Banyak dari Rossi Pendukung Valentino Rossi meramaikan MotoGP 2019. (CNN Indonesia/Ahmad Bachrain)motogp
Jakarta, CNN Indonesia -- Fan Marc Marquez di stan khusus MotoGP Thailand 2019 lebih banyak dari para pendukung Valentino Rossi di Sirkuit Internasional Buriram, Minggu (6/10).

Dari pantauan CNNIndonesia.com, stan Marquez nyaris dipenuhi 'lautan merah' yang merupakan warna khas The Baby Alien hingga tiga blok. Sementara fan Rossi hanya satu blok terisi penuh dengan warna khas kuning.

Di antara para pendukung, terdapat pula puluhan fan dari Indonesia yang khusus datang ke Buriram untuk menyaksikan MotoGP Thailand.


"Kami datang rombongan sekitar 20-an orang khusus untuk menyaksikan Marc Marquez menang," ujar pimpinan rombongan tur salah satu perusahaan pembayaran dari Honda Ferry Chin, saat ditemui di dekat pintu masuk tribune.

Fan Marquez di Stan MotoGP Thailand Lebih Banyak dari RossiFan Valentino Rossi menguasai stand di MotoGP Thailand. (CNN Indonesia/Ahmad Bachrain)
Ferry mengatakan ini kali pertama dia dan sejumlah rombongan lainnya datang ke Buriram untuk menyaksikan MotoGP Thailand 2019.

CNNIndonesia.com mendatangi stan Marquez terlebih dahulu. Kebanyakan yang datang rata-rata penonton dari kawasan Asia Tenggara. Mereka hampir semua mengenakan kaus merah dengan nomor 93 milik Marquez dan ada pula yang mengenakan topi.

[Gambas:Video CNN]
Di luar itu, hanya ada beberapa penonton saja yang mengenakan atribut Rossi di stan Marquez. Mereka biasanya ikut teman atau keluarga yang berbeda idola ke stan The Baby Alien.

Pindah ke stan The Doctor, rata-rata justru berwajah 'bule' ketimbang Asia. Salah satu fan Rossi asal Thailand, Phasini, mengatakan saat ini memang sedikit lebih banyak penggemar MotoGP yang mengidolakan Marquez dibandingkan Rossi.

Dia menyebut kebanyakan fan Marquez merupakan anak-anak muda. Sedangkan generasi yang lebih tua seperti dirinya masih setia mengidolakan The Doctor.

Fan Marquez di Stan MotoGP Thailand Lebih Banyak dari Rossi
"Sederhana saja sebenarnya. Mungkin karena Marquez saat ini nomor satu di dunia sehingga lebih banyak [fan dari Thailand yang mengidolakannya]. Tapi saya pikir jumlahnya hampir seimbang," kata Phasini.

Soal stan Rossi yang hanya satu blok, Phasini juga mempertanyakan hal tersebut. Pasalnya, dia yakin banyak para penggemar The Doctor yang datang ke sirkuit untuk menyaksikannya mengaspal.

"Anda tahu, lebih sulit mendapatkan tiket Rossi karena mayoritas sudah terjual dari jauh-jauh hari secara online. Mungkin mereka akhirnya membeli tiket di stan reguler."

"Selain itu, mungkin karena para penggemar Rossi hanya mendapatkan satu blok stan. Rasanya tidak adil karena logikanya jadi lebih sulit mencari tiket di stan khusus Rossi ketimbang stan Marquez," kata wanita 30 tahun itu.

Marquez sendiri berhasil keluar sebagai juara MotoGP Thailand 2019 usai bersaing sengit dengan pebalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo. Hasil itu juga mengantarkan Marquez merengkuh gelar juara dunia kedelapan sepanjang kariernya.

(bac/jal)