Zainudin Amali, dari Liga Mahasiswa Jadi Menpora

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 08:58 WIB
Zainudin Amali, dari Liga Mahasiswa Jadi Menpora Zainudin Amali akan mengurusi bidang kepemudaan dan olahraga. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Golkar, Zainudin Amali, resmi ditunjuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (23/10).

Terpilihnya Zainudin menjadi Menpora cukup mengejutkan, mengingat pria asal Gorontalo itu tidak memiliki latar belakang kental dengan olahraga. Sama seperti ketika Jokowi menunjuk Imam Nahrawi menjadi Menpora periode 2014-2019.

Meski demikian, Zainudin yang juga Ketua Komisi II DPR RI periode 2014-2019 itu tidak terlalu mempersoalkan latar belakangnya yang tidak banyak mengurusi olahraga.


"Pengalaman di olahraga ada saja, dahulu pernah membentuk liga mahasiswa," ujar Zainudin kepada wartawan usai dipanggil Presiden Jokowi, Selasa (22/20).

Zainudin Amali pernah membentuk liga mahasiswa.Zainudin Amali pernah membentuk liga mahasiswa. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki Saputra)
Selain pernah membentuk liga mahasiswa, dalam sejumlah sumber menyebutkan Zainudin merupakan sosok yang gemar berolahraga.

Tidak hanya sepak bola, bulutangkis, bola voli, tenis meja, golf, sepeda, lari, hingga renang merupakan olahraga yang digemarinya.

[Gambas:Video CNN]
Saat menjadi anggota DPR RI, Zainudin juga pernah fokus terhadap aset-aset olahraga Indonesia yang pernah dipakai sebagai venue Asian Games 2018.

Zainudin meminta kepada Kementerian Sekretariat Negara, PPK Gelora Bung Karno, dan PPK Kemayoran yang mengelola venue Asian Games agar merawat tempat tersebut sehingga bisa meningkatkan perolehan pendapatan negara bukan pajak.

Zainudin Amali, dari Liga Mahasiswa Jadi 'Pembantu' Jokowi
Dalam pemanggilan oleh Presiden Jokowi, Zainudin dititipkan pesan untuk mendorong olahraga Indonesia bisa lebih berprestasi di level internasional.

"Tentu pembinaan di dalam negeri juga harus lebih diperhatikan," ucap Zainudin.

"Kita ini prihatin, bangsa yang besar tapi prestasi tidak sebanding dengan jumlah penduduk kita yang besar," kata Zainudin menambahkan.

Selain politikus Zainudin juga seorang pengusaha. Sebelum terjun ke dunia politik, ia pernah memimpin sejumlah perusahaan yakni PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, PT Surya Terang Agung, PT Makmur Triagung, dan PT Supra Dinakarya.

Sejumlah pekerjaan rumah telah menunggu Zainudin sebagai Menpora. Selain persiapan SEA Games 2019 yang akan digelar di Filipina, 30 November-11 Desember mendatang, Zainudin juga harus mempersiapkan Olimpiade 2020, PON 2020, dan Asian Games 2022.

Indonesia juga akan menjadi tuan rumah sejumlah ajang internasional, seperti MotoGP di 2021 dan Piala Dunia Bola Basket 2023. (fra/har)