Agostini Soal Rossi di MotoGP: Rasanya Malu Tak Lagi Menang

bac, CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 19:43 WIB
Agostini Soal Rossi di MotoGP: Rasanya Malu Tak Lagi Menang Valentino Rossi (tengah) masih membalap di MotoGP pada usia 40. (CNN Indonesia/Ahmad Bachrain)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pebalap dunia, Giacomo Agostini, mengatakan merasa malu ketika ada masanya dia tak lagi menang saat membahas soal kemungkinan Valentino Rossi pensiun.

Agostini tidak bisa memastikan waktu yang tepat bagi Rossi untuk pensiun. The Doctor sendiri masih terus membalap di MotoGP pada usia 40.

"Melihat banyak hal yang pernah dimenangkan Rossi, dia mampu dan harus menentukan kapan harus berhenti [pensiun dari MotoGP]."


"Tentu saja jika Anda tanya saya apa yang harus saya lakukan, itu persoalan yang berbeda. Yang jelas ketika saya mulai tak lagi menang dan mereka mengatakan sudah berakhir. Saya merasa dipermalukan," ujar Agostini kepada La Gazzetta dello Sport dikutip dari Tuttomotori.

[Gambas:Video CNN]
Agostini kemudian menceritakan momen-momen saat dia memutuskan untuk pensiun dari dunia balapan. Dia merasa begitu berat karena sadar banyak fan yang masih berharap kompatriot Rossi itu tampil.

"Saya membalap untuk memberikan kebahagiaan untuk para fan. Salah satu contohnya adalah imigran dari Belgia yang merasa bangga dan merasa lebih Italia."

"Saya memutuskan mundur dan tak kuasa menahan air mata karena saya merasakan cinta yang begitu besar. Pilihan itu [untuk pensiun] tergantung dari hasil, meskipun saya merasa saya bisa tampil bagus," kata Agostini.

Agostini Soal Rossi di MotoGP: Rasanya Malu Tak Lagi Menang
Selain mengomentari Rossi, Agostini juga membahas tentang Jorge Lorenzo yang kini tengah terpuruk balapan di Honda.

"Sejujur melihat dia [Lorenzo] seperti itu, saya merasa kasihan dengannya, begitu juga dengan Honda. Jika pada akhir tahun mereka tidak berkembang, saya tidak tahu lagi sampai kapan mereka bisa bekerja sama."

"Saya menilai Honda mengalami kesulitan, pun bagi Jorge Lorenzo. Semoga mereka mampu bangkit," ucap Agostini. (nva)