Juara Eropa di Barcelona Digaji Seumur Hidup Berkat Messi

CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 05:00 WIB
Juara Eropa di Barcelona Digaji Seumur Hidup Berkat Messi Para juara Eropa di Barcelona mendapat gaji seumur hidup berkat Lionel Messi. (Josep LAGO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para peraih juara turnamen level Eropa di Barcelona mendapat gaji seumur hidup mereka berkat Lionel Messi. Mereka yang menerima gaji adalah para veteran, pemain yang masih aktif dan ikut membawa klub itu meraih titel di turnamen macam Liga Champions maupun Liga Europa.

Gaji seumur hidup bagi para veteran dan pemain Blaugrana itu tercetus ketika Joan Laporta masih menjadi Presiden Klub.

Dikutip dari Daily Mail, kini sekurang-kurangnya ada 290 mantan pemain dan pemain Barca yang mendapatkan gaji seumur hidup. Angka itu pun bakal terus bertambah.


Cerita soal kali pertama gaji seumur hidup itu diungkapkan mantan pemain Barcelona Juan Carlos Heredia. Dia bersama dengan mendiang Johan Cruyf pernah membawa Blaugrana juara Piala Winners pada 1979.

Heredia pun menjadi salah satu mantan pemain yang layak mendapatkan gaji seumur hidup. Dia kemudian menceritakan bahwa Laporta terinspirasi Messi untuk mencetuskan program gaji seumur hidup.

Mantan Presiden Klub Barcelona saat menghadiri pemakaman Johan Cruyf. (Mantan Presiden Klub Barcelona saat menghadiri pemakaman Johan Cruyf. (Photo by LLUIS GENE / AFP)
"Ketika itu Barcelona meraih juara Liga Champions usai mengalahkan Manchester United pada laga final di Roma berkat gol Messi."

"Presiden klub saat itu [Juan Laporta] mendeklarasikan bahwa semua yang pernah ikut membawa Barcelona juara di Eropa, akan mendapatkan gaji seumur hidup. Dia kemudian memenuhi janjinya," ujar Heredia kepada The Tactical Room, dikutip dari Daily Mail.

Barcelona saat itu mengalahkan MU 2-0 pada final Liga Champions di Stadion Olimpico pada 27 Mei 2009. Messi mencetak gol kedua Blaugrana pada menit ke-70. Gol pertama dilesakkan Samuel Etoo pada menit ke-10, umpan dari Andres Iniesta.

[Gambas:Video CNN]
Heredia kala itu menjadi salah satu staf pelatih Barcelona yang dikepalai Pep Guardiola.

Sejak saat itu, tim raksasa Catalunya memenangkan lagi gelar bergengsi Eropa pada 2011 dan 2015. Neymar dan Marc Bartra menjadi pemain yang juga mendapat gaji seumur hidup di Barca meski sudah tidak lagi memperkuat klub itu. Pasalnya, mereka turut andil membawa Barca juara Liga Champions.

Juara Eropa di Barcelona Digaji Seumur Hidup Berkat Messi
Juan Laporta sendiri merupakan politikus Catalunya yang menjadi Presiden Klub Barcelona pada 2003 hingga 2010. Di bawah kepemimpinannya, Barcelona yang masih dilatih Guardiola meraih enam trofi domestik, Eropa, maupun dunia pada 2009. (bac/bac)