FOTO: Tenggelam dalam Pesona Tarkam

Safir Makki, CNN Indonesia | Selasa, 26/11/2019 09:34 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di negara bola seperti Indonesia, pesona tarkam tak pernah memudar meski sepakbola kini makin 'canggih' dengan berbagai dukungan teknologi.

Panitia memyiapkan bola sebelum pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV di Stadion Mini Gebyuran, Joglo, Jakarta Barat, Jumat, 18 Oktober 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Stadion Mini Gebyuran yang berada di antara pemukiman warga di kawasan Joglo, Jakarta Barat. (CNNIndonesia/Aulia Bintang)
Panitia menaburkan kapur sebagai garis batas sebelum pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV di Stadion Mini Gebyuran, Joglo, Jakarta Barat, Jumat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Loket penjualan tiket pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV di Stadion Mini Gebyuran, Joglo, Jakarta Barat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tiket untuk menonton pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV dijual Rp 10 ribu di Stadion Mini Gebyuran, Joglo, Jakarta Barat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tim Putra Betawi bersiap diri sebelum pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV di Stadion Mini Gebyuran, Joglo, Jakarta Barat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tiga wasit disiapkan untuk pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV di Stadion Mini Gebyuran, Joglo, Jakarta Barat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tim Sparta berfoto sebelum pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV di Stadion Mini Gebyuran, Joglo, Jakarta Barat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV di Stadion Mini Gebyuran, Joglo, Jakarta Barat. Terlihat dari foto, menara-menara sutet berada sangat dekat dengan lapangan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV. Di turnamen tarkam, para pemain yang bagus acap kali disawer oleh penonton. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Komentator pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV. Mereka akan memandu jalannya pertandingan menggunakan guyonan, pantun, dan bahkan memberikan nama panggilan untuk pemain. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV. Satu pertandingan tarkam biasanya hanya berlangsung 2x30 menit, dan jika diwaktu normal pertandingan berakhir imbang maka pemenang ditentukan oleh adu penalti. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Penonton berbaur dengan tim Sparta usai menang penalti dalam laga melawan Putra Betawi. Turnamen tarkam sendiri bisa berlangsung hingga tujuh bulan lamanya dan sering kali digelar setiap akhir pekan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV. Turnamen tarkam digelar dengan sederhana, tanpa tribune penonton atau penerangan untuk malam hari. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Adu penalti saat pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV. Turnamen tarkam digelar dengan sistem gugur sejak babak pertama sehingga tak ada hasil imbang dalam satu laga. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Penonton menyawer uang kepada kiper Putra Betawi usai pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV. Jika bermain apik, para pemain memang bisa mendapatkan 'uang saku' tambahan dari para penonton atau petaruh di lapangan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Babak adu penalti pertandingan Sparta VS Putra Betawi pada laga Porsegeb Cup IV. Setiap tim yang memenangi turnamen tarkam bisa mendapatkan hingga Rp30 juta. (CNNIndonesia/Safir Makki)




BACA JUGA