4 Calon Pengganti Emery di Arsenal

CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 21:22 WIB
4 Calon Pengganti Emery di Arsenal Mauricio Pochettino masuk dalam salah satu pelatih yang dijagokan melatih Arsenal. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama-nama calon pengganti Unai Emery sebagai pelatih Arsenal langsung bermunculan usai manajer asal Spanyol itu dipecat pada Jumat (29/11) waktu setempat.

Emery hanya bertahan selama 18 bulan sebagai manajer Arsenal usai menggantikan posisi Arsene Wenger. Mantan pelatih Sevilla itu dipecat manajemen Arsenal karena hasil buruk tim sejak awal musim ini.

Arsenal hanya menempati posisi kedelapan Liga Inggris dengan 18 poin. Tim London Utara terpaut 19 poin dari Liverpool yang kukuh di puncak klasemen Liga Inggris.


The Gunners juga baru saja kalah dari klub Jerman Eintracht Frankfurt 1-2 di Liga Europa, Jumat (29/11) dini hari tadi. Hasil itu yang turut membuat Emery terdepak dan posisinya sementara digantikan Fredrik Ljunberg.

Berikut empat pelatih yang disebut akan jadi suksesor Emery di Stadion Emirates:

1. Carlo Ancelotti

Peraih tiga gelar Liga Champions, Carlo Ancelotti masuk dalam daftar calon manajer Arsenal. Juru racik formasi Napoli itu dilaporkan berpeluang jadi pelatih anyar Arsenal.

Ancelotti masih terikat kontrak dengan Partenopei hingga akhir musim ini. Meski begitu, peluang Arsenal untuk mendapatkan Ancelotti terbuka karena hubungan sang pelatih dengan manajemen Napoli belakangan tak harmonis.

4 Calon Pengganti Emery di ArsenalCarlo Ancelotti (kiri) bersama mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger (kanan). (AFP PHOTO / Ben STANSALL)
Hal ini dikarenakan Ancelotti dikabarkan mendukung sikap pemain yang menolak kebijakan klub. Masalah ini bermula dari penolakan pemain terhadap permintaan bos klub untuk berlatih walau waktu istirahat yang kurang.

Di Liga Italia, posisi Napoli juga tidak terlalu bagus karena tertinggal 15 poin dari pemuncak klasemen Juventus.

2. Mikel Arteta

Pelatih asal Spanyol ini sudah sejak lama dikaitkan dengan kursi manajer Arsenal. Bahkan nama mantan pemain Arsenal ini sempat mencuat sebagai suksesor Arsene Wenger sebelum manajemen merekrut Emery.

[Gambas:Video CNN]
Jika dibandingkan dengan Ancelotti, Arteta jelas kalah jauh dari segi pengalaman. Pria kelahiran San Sebastian itu belum pernah sekalipun mengemban tugas sebagai manajer tim.

Namun demikian, Arteta punya kelebihan karena tidak akan butuh waktu lama untuk beradaptasi di Arsenal. Ia pernah lima musim membela Arsenal dan pengalamannya jadi asisten Pep Guardiola di Manchester City akan jadi nilai plus.

3. Nuno Espirito Santo

Sosok manajer Wolverhampton Wanderers itu belakangan muncul sebagai kandidat pengganti Emery. Profil manajer asal Portugal dianggap cocok dengan sepak bola yang ingin dimainkan Arsenal.

4 Calon Pengganti Emery di ArsenalNuno Espirito Santo menukangi Wolverhampton Wanderers. (AP Photo/Rui Vieira)
Mantan pelatih Valencia itu sendiri terbilang sukses sejak musim lalu menukangi Wolverhampton. Nuno berhasil membuat Wolves jadi tim yang sulit dikalahkan tim-tim di Liga Inggris.

Manajer berusia 45 itu mengantarkan Wolverhampton lolos ke Liga Europa pada musim lalu. Prestasi itu ditingkatkan Nuno dengan meloloskan Raul Jimenez dkk ke babak 32 besar Liga Europa.

4. Mauricio Pochettino

Pochettino bisa dibilang jadi kandidat yang paling diinginkan oleh fan Arsenal. Hal ini mengacu kiprah menawan pelatih asal Argentina selama lima setengah musim menukangi Tottenham Hotspur.

Meski tak mampu memberikan gelar, Pochettino berhasil mengorbitkan pemain medioker jadi pemain papan atas. Pochettino pula yang membuat The Lilywhites menjelma jadi tim papan atas.

4 Calon Pengganti Emery di Arsenal


Namun, keinginan Arsenal mendatangkan Pochettino bukan tanpa kendala. Dikutip dari Express kesempatan Pochettino melatih Arsenal nyaris tertutup karena kemungkinan Tottenham menyertakan kesepakatan agar mantan pelatih Espanyol itu tidak melatih Arsenal. (jal/nva)