SEA Games: Indonesia vs Brunei, Memori Kemenangan 9-0 di 2001

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 09:40 WIB
SEA Games: Indonesia vs Brunei, Memori Kemenangan 9-0 di 2001 Indonesia butuh kemenangan telak atas Brunei di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia terakhir kali berjumpa Brunei Darussalam di ajang SEA Games pada 18 tahun lalu saat Indonesia menang 9-0 di Malaysia.

Indonesia bakal berjumpa Brunei dalam laga keempat babak penyisihan grup SEA Games 2019. Duel Indonesia lawan Brunei ini terbilang langka di SEA Games meski pesta olahraga Asia Tenggara itu berlangsung tiap dua tahun sekali.

Duel Indonesia lawan Brunei di ajang SEA Games terakhir kali terjadi pada edisi 2001. Saat itu Indonesia mampu menaklukkan Brunei dengan skor telak 9-0 di babak penyisihan grup B.


Ada dua pemain Indonesia yang mencetak hattrick di laga tersebut, yaitu Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy. Budi Sudarsono menorehkan dua gol sedangkan satu gol lainnya dicetak Isnan Ali.
Bambang Pamungkas pernah mencetak hattrick ke gawang Brunei di SEA Games 2001.Bambang Pamungkas pernah mencetak hattrick ke gawang Brunei di SEA Games 2001. ( AFP PHOTO / ADEK BERRY)
Dua tahun sebelumnya saat SEA Games belum mengenal pembatasan usia untuk cabang olahraga sepak bola, Indonesia juga mampu meraih kemenangan 3-0 atas Brunei lewat gol Uston Nawawi, Bima Sakti, dan Andrian Mardiansyah.

Usai pertemuan di tahun 2001, Indonesia tak lagi punya kesempatan berduel dengan Brunei di ajang SEA Games. Selepas edisi 2001, Brunei beberapa kali menarik diri dari keikutsertaan di cabang olahraga sepak bola.

Brunei baru kembali aktif mengikuti cabor sepak bola di SEA Games pada edisi 2011 saat Indonesia jadi tuan rumah. Namun saat itu Brunei berada di grup yang berbeda dengan Indonesia.
[Gambas:Video CNN]
Situasi yang sama terus terjadi di tiga edisi SEA Games berikutnya hingga SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Indonesia dan Brunei tidak pernah berada di grup yang sama sehingga tak lagi bisa berjumpa.

Pertemuan Indonesia lawan Brunei di SEA Games baru kembali terjadi pada SEA Games 2019. Indonesia dan Brunei sama-sama berada di grup B. Indonesia kini mengoleksi enam poin sedangkan Brunei belum mendapatkan angka dari tiga laga yang mereka mainkan.

SEA Games: Indonesia vs Brunei, Memori Kemenangan 9-0 di 2001

Indonesia butuh kemenangan dengan selisih gol yang besar untuk memperbesar peluang lolos ke babak semifinal. Indonesia kini tengah bersaing dengan Vietnam dan Thailand untuk memperebutkan dua tiket lolos ke semifinal dari grup B. (ptr/ptr)