Indonesia Tambah Dua Emas di SEA Games 2019

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 11:02 WIB
Indonesia Tambah Dua Emas di SEA Games 2019 Puspa Arum Sari sumbang emas untuk Indonesia di SEA Games 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kontingen Indonesia berhasil menambah dua medali emas pada hari ketiga SEA Games 2019, Selasa (3/12), lewat cabang olahraga pencak silat nomor seni tunggal putri dan wushu nomor duilian putra.
 
Emas dari pencak silat yang direbut Puspa Arum Sari merupakan yang ketiga pada hari ini atau kesembilan bagi Indonesia secara keseluruhan. Di final Puspa Arum Sari mengalahkan Mary Francine Padios dari Filipina yang meraih perak, serta Anisah Najihah Abdullah dari Brunei Darussalam dengan medali perunggu.

Sebelum emas dari pencak silat, Indonesia juga meraih medali emas cabang olahraga wushu dari nomor duilian putra melalui Edgar Xavier Marvelo, Seraf Naro Siregar, dan Harris Horatius yang digelar di World Trade Center, Manila.

Indonesia meraih emas di duilian putra setelah menjadi yang terbaik di final dengan mengumpulkan 9,54 poin. Peringkat kedua ditempati Brunei Darussalam yang berhak atas medali perak, sedangkan perunggu jadi milik Filipina dengan 9,49 poin.


Sebelum tim dari duilian putra, Indonesia lebih dahulu meraih emas lewat Edgar Xavier Marvelo dari nomor daoshu/gunshu combined putra.

Edgar Xavier Marvelo meraih dua emas di SEA Games 2019.Edgar Xavier Marvelo meraih dua emas di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Dua medali emas dari wushu pada hari ini menambah raihan emas Indonesia menjadi delapan. Sebelumnya, enam emas Tim Merah Putih diraih lewat Jauhari Johan dari cabang olahraga duathlon, Rio Danu Tjabu dan Tirano Baja dari menembak, tim polo air putra, serta Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah dari angkat besi.

[Gambas:Video CNN]
Selain dua emas dari nomor daoshu/gunshu combined putra dan duilian putra, medali perak disumbangkan Harris Horatius dari nomor dari nanquan putra dan medali perunggu melalui Putri Andriani dari cabang angkat besi kelas 59 kilogram putri.

Sampai dengan berita ini dibuat, Indonesia tercatat sudah meraih dua emas, satu perak, dan satu perunggu pada Selasa ini. Total hingga pukul 10.15 WIB, Indonesia sudah mengoleksi 8 emas, 12 perak, dan 13 perunggu.

Indonesia juga meraih satu medali emas melalui Dwi Cindy Desyana dari cabang olahraga dance sport nomor women breaking. Namun, medali emas Cindy tidak masuk tabel perolehan medali karena negara peserta dalam nomor ini kurang dari syarat minimal peserta, yaitu empat negara. (sry/jal)