Lima Pemain Kunci Indonesia di Fase Grup SEA Games

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 17:54 WIB
Lima Pemain Kunci Indonesia di Fase Grup SEA Games Timnas Indonesia U-23 memiliki empat pemain kunci di fase grup. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-23 memiliki lima pemain kunci di fase grup SEA Games 2019 jelang melawan Myanmar di babak semifinal.

Selama lima pertandingan di Grup B, pelatih Timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri menurunkan lima pemain yang selalu menjadi starter. Sedangkan pemain lain terkena rotasi di laga-laga berikutnya.

Kelima pemain yang selalu jadi pilihan Indra Sjafri untuk tampil sejak menit awal adalah duet bek Andy Setyo Nugroho dan Bagas Adi Nugroho, bek kanan Asnawi Mangkualam, gelandang Zulfiandi, dan penyerang Saddil Ramdani.


Posisi Andy Setyo sebagai bek tengah Timnas Indonesia U-23 nyaris tidak tergantikan selama penyisihan. Andy Setyo layaknya pasangan ideal untuk Bagas Adi Nugroho.

Tim kuat Thailand dibuat kesulitan mencetak gol saat Andy dan Bagas bertugas di garis pertahanan Garuda Muda. Bahkan, Vietnam yang notabene unggulan baru bisa membobol gawang Indonesia pada menit ke-64 dan 90'.

Andy Setyo bikin pertahanan Indonesia jadi solid.Andy Setyo (tengah) bikin pertahanan Indonesia jadi solid. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Dalam empat pertandingan, Andy dan Bagas sukses membuat gawang Indonesia clean sheet alias tanpa kebobolan.

Bek kanan Asnawi Mangkualam melengkapi deretan pemain belakang pemain yang menjadi kunci Timnas Indonesia U-23 di fase awal. Asnawi tergolong fullback yang tidak kenal lelah. Tidak saja mengawal lini pertahanan, bek PSM Makassar itu juga sering membantu serangan. Itu dibuktikan dengan satu gol Asnawi ke gawang Singapura di pertandingan ketiga.

Selain Andy, Bagas, dan Asnawi, pemain kunci pelatih Indra Sjafri lainnya adalah gelandang Zulfiandi. Di skuat Timnas Indonesia U-23, Zulfiandi termasuk pemain senior yang diperbantukan bersama Evan Dimas.

[Gambas:Video CNN]
Zulfiandi merupakan penyimbang bagi Indonesia baik dalam menyerang maupun bertahan. Selain piawai sebagai pemutus serangan lawan, kualitas lain yang diandalkan dari Zulfiandi adalah umpan-umpan jauhnya yang akurat.

Di lini serang, tim pelatih menempatkan Saddil Ramdani sebagai pemain yang selalu tampil sebagai starter. Sementara Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay dirotasi di beberapa laga.

Empat Pemain Kunci Indonesia di Fase Grup SEA Games
Saddil merupakan tipikal penyerang dengan kekuatan fisik yang bagus. Penetrasi mantan pemain Persela Lamongan itu saat membongkar pertahanan lawan juga patut diacungi jempol.

Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal SEA Games 2019 usai menjadi runner-up Grup B di bawah Vietnam dengan koleksi 12 poin dari lima pertandingan. Dalam lima pertandingan Indonesia menang empat kali dan sekali kalah dengan mencetak 17 gol serta hanya kebobolan dua kali. (sry/har)