SEA Games Baru Sepekan, Indonesia Lampaui Emas Dua Tahun Lalu

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 17:16 WIB
SEA Games Baru Sepekan, Indonesia Lampaui Emas Dua Tahun Lalu Tim polo air Indonesia meraih emas pertama SEA Games 2019. (AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kontingen Indonesia sudah meraih 39 medali emas pada SEA Games 2019. Capaian tersebut melampaui raihan emas tim Merah Putih pada SEA Games 2017.

Medali emas dari tim voli pantai putra yang diperkuat Ade Rachmawan, Mohammad Ashfiya, Gilang Ramadhan, dan Danangsyah Pribadi merupakan emas ke-39 yang diperoleh tim Indonesia selama penyelenggaraan SEA Games 2019.

Catatan 39 emas sudah melewati perolehan dua tahun lalu ketika mengikuti pesta olahraga negara Asia Tenggara di Malaysia. Pada SEA Games 2017, Indonesia hanya meraih 38 medali emas.


Secara keseluruhan Indonesia meraih 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di SEA Games, medali emas pada dua tahun lalu merupakan yang terburuk. Indonesia pun hanya berada di peringkat kelima.

Pada SEA Games 2015, Indonesia juga terpuruk di peringkat kelima. Namun ketika itu masih berhasil mendapat 47 medali emas.

Indonesia Lampaui Emas SEA Games Dua Tahun LaluEdgar Xavier Marvelo mempersembahkan emas untuk Indonesia dari cabang olahraga wushu. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Tahun ini, kontingen Indonesia ditargetkan meraih 45 medali emas sekaligus memperbaiki peringkat di klasemen umum.

Dari jumlah emas yang ditargetkan, hingga Jumat (6/12) sore, kontingen Indonesia masih terpaut enam emas lagi.

Selain cabang olahraga judo dan voli pantai, berbagai atlet dari cabang olahraga lain juga unjuk kebolehan menjadi yang terbaik. Seperti dari cabor Sambo, kano, modern pentathlon, tenis, menembak, atletik, boling, sepak takraw, balap sepeda, pencak silat, angkat besi, senam, badminton, wushu, duathlon, dan polo air.

Indonesia Lampaui Emas SEA Games Dua Tahun Lalu

Indonesia pun masih berpeluang menambah emas pada sisa hari penyelenggaraan SEA Games 2019 yang bakal berlangsung hingga 11 Desember.

Hingga Jumat (6/12) pukul 17.08 WIB, kontingen Indonesia menempati peringkat kedua di klasemen umum dengan meraih 39 emas, 39 perak dan 46 perunggu. (nva/jal)