Osvaldo: Striker Dadakan Jadi Predator Gol Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 07:03 WIB
Osvaldo Haay yang diplot sebagai striker dadakan di SEA Games 2019 justru menjelma predator gol Timnas Indonesia. Osvaldo Haay, pemain cadangan menjelma predator gol Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Osvaldo Haay yang diplot sebagai striker dadakan di SEA Games 2019 justru menjelma predator gol Timnas Indonesia.

Pemain yang biasa berperan sebagai pemain sayap di Persebaya Surabaya itu semula hanya menjadi pelapis di barisan ujung tombak Garuda Muda pimpinan Indra Sjafri.

Bahkan, Osvaldo harus rela turun dari bangku cadangan di dua laga awal babak penyisihan Grup B SEA Games 2019 saat menghadapi Thailand dan Singapura.


Tak dinyana, pemain berdarah Papua itu justru rutin mencetak gol. Ia turut menyumbang satu gol saat Indonesia mengalahkan Thailand 2-0 di laga perdana.

[Gambas:Video CNN]
Pada laga berikutnya melawan Singapura, Osvaldo justru jadi pembeda. Turun sebagai pemain pengganti Muhammad Rafli yang cedera di menit ke-29, Osvaldo sukses menyumbang satu gol kemenangan tim Merah Putih.

Osvaldo memang bukan penyerang murni. Tapi, ia memiliki etos kerja yang tinggi dan selalu tampil ngotot di depan gawang. Aksi individunya kerap membuat pemain belakang lawan kewalahan.

Osvaldo: Striker Dadakan Jadi Predator Gol Timnas Indonesia
Sejumlah faktor tersebut yang membuat pelatih Indra Sjafri berani menurunkannya sebagai starter pada laga ketiga babak penyisihan grup melawan Vietnam. Sayang, Osvaldo gagal mencetak gol dan Indonesia pun dipaksa menyerah 1-2 dari Vietnam.

Kendati demikian, Osvaldo tetap masuk dalam line up ketika Indonesia menghadapi Brunei di laga keempat Grup B. Kepercayaan Indra dibayar lunas lewat hattrick Osvaldo sekaligus andil membawa Indonesia menang 8-0.

Osvaldo Haay jadi top skor Indonesia di SEA Games 2019.Osvaldo Haay jadi top skor Indonesia di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Tak berhenti sampai di situ, pemain jebolan Persipura Jayapura itu berhasil mengemas sepasang gol saat Indonesia menghajar Laos 4-0 di laga pamungkas penyisihan grup.

Ketajaman Osvaldo berlanjut saat Indonesia menghadapi Myanmar di semifinal. Pemain 21 tahun itu menyumbang satu gol ketika Indonesia menaklukkan Myanmar 4-2.

Torehan delapan gol membuat Osvaldo berada di puncak daftar top skor sementara SEA Games 2019 bersama penyerang Vietnam, Ha Duc Chinh. Kedua ujung tombak ini bakal beradu tajam di laga final yang akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12).

Bukan tidak mungkin Osvaldo kembali menjadi predator gol di partai puncak sekaligus mengantar Indonesia juara SEA Games 2019. Syaratnya, Osvaldo wajib tampil klinis di depan gawang dan mampu meredam emosi yang seringkali meledak-ledak. (jun/jun)