Vietnam, Tim Paling Sial di Final SEA Games

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 07:58 WIB
Vietnam, Tim Paling Sial di Final SEA Games Vietnam punya catatan buruk di final SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang duel lawan IndonesiaVietnam punya catatan buruk di final SEA Games karena mereka selalu kalah dalam lima final yang mereka mainkan.

Dalam perjalanan cabang olahraga sepak bola di SEA Games, Vietnam tercatat lima kali masuk final SEA Games tanpa pernah sekalipun menjadi juara.

Vietnam pertama kali masuk final SEA Games pada 1995 saat mereka berjumpa tuan rumah Thailand. Vietnam harus tertunduk lesu karena kalah 0-4 di akhir pertandingan.


Empat tahun berselang di Bandar Seri Begawan, Vietnam kembali tersandung di hadapan Thailand pada laga final dengan skor 0-2.
Vietnam berharap bisa memutus tren buruk di final SEA Games.Vietnam berharap bisa memutus tren buruk di final SEA Games. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Saat jadi tuan rumah SEA Games 2003, dukungan penuh suporter tuan rumah juga tak mampu membantu Vietnam meraih kemenangan. Thaialnd kembali jadi batu sandungan dengan kemenangan dramatis 2-1 lewat babak perpanjangan waktu.

Di SEA Games 2005, Vietnam kembali berjumpa Thailand di partai puncak. Thailand lagi-lagi jadi batu sandungan dengan kemenangan telak 3-0.
[Gambas:Video CNN]
Vietnam terakhir kali muncul di final SEA Games pada 2009. Kali ini bukan Thailand yang jadi pengubur mimpi Vietnam, melainkan Malaysia. Malaysia menang tipis 1-0 atas Vietnam di laga tersebut.

Di bawah Vietnam, Myanmar dan Singapura jadi tim berikutnya yang masuk final tanpa bisa meraih emas. Myanmar dan Singapura sama-sama tiga kali lolos final dan harus puas dengan medali perak.
Vietnam, Tim Paling Sial di Final SEA Games

Indonesia sendiri juga tercatat empat kali gagal di final SEA Games yaitu pada 1979, 1997, 2011, dan 2013. Namun Indonesia dua kali meraih emas pada 1987 dan 1991.

Indonesia akan berduel lawan Vietnam pada final SEA Games 2019, Selasa (10/12). (ptr/ptr)