Ramai-ramai Dukung Indra Sjafri Latih Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 15:54 WIB
Ramai-ramai Dukung Indra Sjafri Latih Timnas Indonesia Pemain Timnas Indonesia U-23 dukung Indra Sjafri ke timnas senior. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-23 mendukung Indra Sjafri melatih Timnas Indonesia usai meraih medali perak SEA Games 2019 di Filipina.

Para pemain tersebut menilai Indra Sjafri punya kapasitas untuk naik level menangani timnas senior setelah beberapa tahun di kelompok usia.

Salah satu pemain yang sepakat dengan Indra Sjafri menyandang pelatih Timnas Indonesia adalah bek kanan Garuda Muda, Asnawi Mangkualam Bahar. Bagi pemain belakang PSM Makassar itu pelatih asal Sumatra Barat tersebut sudah siap di timnas senior.


"Kalau menurut saya sih, Coach Indra sudah siap jadi pelatih senior. Dengan begitu beliau sudah harus mempersiapkan diri [jika nanti] diberi tugas jadi pelatih senior. Saya pikir beliau sudah layak jadi pelatih senior," ujar Asnawi kepada CNNIndonesia.com.

Asnawi mengaku tidak keberatan jika nanti ditinggal Indra Sjafri ke timnas senior. Maklum, dengan usia 20 tahun Asnawi masih memiliki peluang tampil di Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 di Vietnam.

Indra Sjafri dianggap layak melatih Timnas Indonesia.Indra Sjafri dianggap layak melatih Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
"Kami sebagai pemain harus terima dengan apa yang diputuskan PSSI. Kalaupun Coach Indra ke senior kami tidak masalah," ucap Asnawi.

"Kami harus konsisten, fokus untuk memberikan medali emas di tahun 2021," kata Asnawi menambahkan.

[Gambas:Video CNN]
Mengenai kemungkinan tekanan lebih besar bisa didapat Indra Sjafri jika melatih Timnas Indonesia dibantah Asnawi. Di mata pemain kelahiran Makassar itu tekanan di Timnas Indonesia U-23 atau timnas senior sama.

"Tekanan sama saja. Pokoknya di sepak bola tekanan sama saja, yang penting siap. Coach Indra sudah layak karena kemajuannya sudah cukup baik selama ini," Asnawi menegaskan.

Ramai-ramai Dukung Indra Sjafri Latih Timnas Indonesia
Komentar Indra Sjafri layak ke Timnas Indonesia juga dilontarkan kiper Nadeo Argawinata. Menurut Nadeo, pelatih lokal bisa melatih Timnas Indonesia merupakan hal yang luar biasa.

"Itu [Indra ke timnas senior] suatu hal yang bagus. Apalagi ada pelatih lokal dalam arti asli Indonesia bisa melatih di timnas senior, saya rasa itu suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia," tutur Nadeo.

"Jadi, semoga apabila Coach Indra diberikan mandat tersebut, [beliau] bisa melaksanakan dengan baik dengan amanah dengan tanggung jawab yang sangat luar biasa," ujar Nadeo menambahkan.

Indra Sjafri mengantar Timnas Indonesia U-23 meraih medali perak SEA Games 2019 usai Garuda Muda kalah 0-3 dari Vietnam di laga final di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12). (sry)