CEO Bali United: Teco Fokus Piala AFC, Bukan Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Sabtu, 14/12/2019 08:20 WIB
CEO Bali United: Teco Fokus Piala AFC, Bukan Timnas Indonesia Ilustrasi Stefano Teco Cugurra. (Dok. PSSI FAI)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Bali United Yabes Tanuri menyebut pelatih Stefano 'Teco' Cugurra fokus ke Piala AFC dan tidak ada pembicaraan soal melatih Timnas Indonesia.

Yabes mengungkapkan Teco belum pernah menyatakan keinginan jadi pelatih Timnas Indonesia. Meski begitu, Yabes mengatakan bakal menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pelatih asal Brasil tersebut terkait melatih tim Merah Putih.

"Keputusannya terserah coach Teco. Tapi yang saya tahu dalam mengambil keputusan juga harus ada persetujuan dari kedua belah pihak, coach Teco dan PSSI. Setahu saya belum ada itu sekarang," kata Yabes kepada CNNIndonesia.com, Jumat (13/12) sore.


"Sampai saat ini saya juga belum ada pembicaraan itu [Teco ke Timnas Indonesia]. Dia masih fokus ke Piala AFC. Kemarin saya tanya ke Teco, dia bilang masih mau fokus ke AFC dulu," ungkap Yabes.

CEO Bali United: Teco Fokus Piala AFC, Bukan Timnas IndonesiaShin Tae-yong paling diinginkan melatih Timnas Indonesia. (JUNG Yeon-Je / AFP)
Nama Teco santer disebut-sebut sebagai salah calon alternatif pelatih Timnas Indonesia bersama Indra Sjafri. Sebelumnya, PSSI sudah menyebut ada dua nama calon pelatih Timnas Indonesia yaitu Luis Milla dan Shin Tae-yong.

[Gambas:Video CNN]
Kedua nama ini sudah melakukan presentasi program di depan PSSI. Tae-yong bertemu perwakilan PSSI di Kuala Lumpur, November lalu sedangkan Milla mempresentasikan program di depan petinggi PSSI disela-sela berlangsungnya SEA Games 2019 lalu.

Tae-yong disebut paling berpeluang karena menempati posisi pelatih Timnas Indonesia karena diinginkan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Namun, ia disebut telah menolak tawaran melatih Timnas Indonesia dan lebih memilih untuk menukangi salah satu klub China.

CEO Bali United: Teco Fokus Piala AFC, Bukan Timnas Indonesia
Media Korea Selatan, Sport Chosun bahkan melaporkan Tae-yong tinggal selangkah lagi jadi pelatih klub Shenzen FC.

Sehari berselang diketahui pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu belum membuat keputusan terkait masa depan. Tae-yong juga mengakui tengah bernegosiasi soal gaji dengan PSSI.

"Kami belum membuat keputusan akhir. Saya sedang bernegosiasi dengan Indonesia [PSSI] dan ketertarikan klub China juga benar," ucapnya dikutip dari Sports Donga.

Posisi pelatih Timnas Indonesia masih lowong setelah PSSI memutus kontrak kerja sama dengan Simon McMenemy. Pelatih asal Skotlandia itu didepak karena hasil buruk Tim Merah Putih di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (TTF/jal)