UEFA: Tak Ada Kecurangan di Drawing Liga Champions

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 15:10 WIB
UEFA: Tak Ada Kecurangan di Drawing Liga Champions Ilustrasi drawing Liga Champions. (Fabrice COFFRINI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- UEFA melalui Manajer Kompetisi Senior Antonio Giachino memastikan tidak akan ada kecurangan pada drawing 16 besar Liga Champions di Nyon, Swiss, Senin (16/12).

Dalam beberapa musim terakhir selalu ada rumor kecurangan pada drawing Liga Champions. Biasanya akan muncul gambar di media sosial mengenai hasil drawing Liga Champions sebelum undian dilakukan.

Giachino berbicara melalui situs resmi UEFA memastikan tidak ada kecurangan pada drawing babak 16 besar Liga Champions. Giachino mengatakan drawing akan dipantau auditor.


"Kami meminta auditor datang pada hari drawing. Pertama mereka akan memeriksa kalau bola undian ditutup dan ditaruh di tempat yang benar sesuai prosedur," ujar Giachino.

UEFA: Tak Ada Kecurangan di Drawing Liga Champions
"Kemudian mereka akan bertanggung jawab hingga bola undian ditaruh di tempatnya di atas panggung. Pada dasarnya mereka yang bertanggung jawab memastikan tidak ada semua alat drawing yang bisa dicurangi," sambung Giachino.

Lebih lanjut Giachino mengatakan ada 1.440 bola undian yang dipersiapkan untuk drawing sore ini. Jumlah bola undian itu digunakan untuk drawing 16 Liga Champions, 32 besar Liga Europa, dan UEFA Youth League.

[Gambas:Video CNN]
"Ada 1.440 bola undian yang dipersiapkan, dan itu sangat banyak. Anda harus mempersiapkan tiga set bola untuk setiap undian. Set pertama untuk latihan yang dilakukan pada hari drawing. Set kedua untuk drawing itu sendiri, dan set ketiga sebagai cadangan," ucap Giachino.

Peraturan drawing 16 besar Liga Champions menyebutkan tim dari grup yang sama serta dari negara yang sama tidak bisa bertemu. Leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 18-19 dan 25-26 Februari 2020. Sementara leg kedua akan berlangsung 10-11 dan 17-18 Maret 2020. (sry)