Status WNI Beltrame Sudah Disetujui Sejak 19 November

CNN Indonesia | Selasa, 17/12/2019 16:45 WIB
Status WNI Beltrame Sudah Disetujui Sejak 19 November Fabiano Beltrame resmi menyandang status WNI pada Senin (16/12). (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menyebut naturalisasi pemain Persib Bandung, Fabiano Beltrame, sudah disetujui sejak 19 November 2019.

Meski begitu, pengumuman persetujuan baru disampaikan pada Rapat Paripurna DPR yang digelar, Selasa (17/12).

"Pada 16 September ada permohonan pertimbangan naturalisasi pemain sepak bola atas nama Fabiano Beltrame. Kami umumkan sesuai rapat hasil konsultasi pimpinan DPR dan pimpinan fraksi."


"Pada 19 November kami telah menyetujui permohonan WNI pemain tersebut dan hasil keputusan itu telah disampaikan kepada Presiden pada 19 November," ucap Puan pada Sidang Rapat Paripurna.

Informasi terakhir yang didapat, bek Persib tersebut sudah melakukan pengambilan sumpah WNI (Warga Negara Indonesia) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur, Surabaya, Senin (16/12). Prosesi ini dipimpin langsung oleh Kanwil Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati.

[Gambas:Instagram]
Kabar bahagia tersebut juga sudah diumumkan Beltrame di akun instagram pribadinya @fabianobeltrame15 sesaat setelah resmi menyandang status WNI. Dalam unggahannya, Beltrame memamerkan foto ketika ia memegang bendera merah putih menggunakan blazer lengkap dengan kopiah berwarna hitam.

"Warga Negara Indonesia," ucap Beltrame disertai emotikon bendera Indonesia dan lambang hati berwarna merah.

Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto menjelaskan jika Beltrame sudah bisa mengambil sumpah WNI, berarti sudah keluar Keputusan Presiden (Keppres) terkait persetujuan naturalisasi pemain asal Brasil tersebut. Namun, Gatot mengaku tidak lagi mengikuti proses demi proses yang dijalani Beltrame setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi X DPR beberapa waktu lalu.

Status WNI Beltrame Sudah Disetujui Sejak 19 November
"Kalau sudah disumpah WNI, harusnya sudah keluar Keppresnya. Lazimnya seperti itu. [salinan Keppres] mungkin sudah dikirim ke kantor, tapi bukan jadi urusan saya. Harusnya sudah selesai urusannya," ujar Gatot ketika dikonfirmasi CNNIndoensia.com.

Proses naturalisasi Beltrame berjalan cukup panjang setelah memasukkan permohonannya pada 9 Januari 2019 melalui Madura United. Selama proses berlangsung, ia tidak tampil di kompetisi Liga 1 2019 karena statusnya yang mengambang.

Pada pertengahan musim, ia memutuskan pindah ke Persib dan juga tidak main karena kuota pemain asing Maung Bandung yang sudah mencukupi. Alhasil, ia juga tidak bisa tampil.

Lewat status WNI yang disematkan kepadanya saat ini, Beltrame dipastikan bisa kembali tampil di arena kompetisi Liga 1 2020 bersama Persib.

[Gambas:Video CNN] (TTF/bac)