Bambang Pamungkas Resmi Pensiun

CNN Indonesia | Selasa, 17/12/2019 20:36 WIB
Striker Persija Jakarta, Bambang Pamungkas resmi pensiun dari dunia sepak bola. Bambang Pamungkas resmi pensiun dari dunia sepak bola. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laga Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2019 jadi pertandingan kandang terakhir bagi Bambang Pamungkas bersama tim Macan Kemayoran. Namun, laga yang menandai Bepe pensiun dinodai dengan kekalahan.

Bambang Pamungkas yang sejak dua musim terakhir lebih akrab menghuni bangku cadangan memutuskan pensiun dari Persija, klub yang sudah dibelanya selama 20 tahun.

Sepanjang kariernya di Persija, Bepe tercatat sudah mencetak total 200 gol di semua kompetisi serta meraih dua gelar juara Liga Indonesia pada tahun 2001 dan 2018.


Pemain bernomor punggung 20 tersebut tak mampu membawa Persija meraih kemenangan pada laga kandang terakhir Liga 1 2019. Tim Ibu Kota dipaksa menyerah 1-2 dari Persebaya.

Laga Pamungkas Bepe Dinodai Kekalahan

Macan Kemayoran mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal. Namun, gawang Andritany Ardhiyasa justru kecolongan lebih dulu di menit ke-8.

Aksi individu impresif Da Silva berhasil mengecoh barisan lini belakang Persija hingga menembus kotak penalti. Penyerang Brasil itu kemudian melepaskan umpan matang di mulut gawang dan berhasil dituntaskan Osvaldo Haay.

Persija yang mendominasi penguasaan bola malah kembali kecolongan di menit ke-23. Kali ini Osvaldo menyumbangkan assist kepada Diogo Campos.

Persija kalah di laga kandang terakhir yang dimainkan Bepe bersama Persija.Persija kalah di laga kandang terakhir yang dimainkan Bepe bersama Persija. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tujuh menit berselang Persija berhasil memperkecil kedudukan melalui Marko Simic. Sepakan striker asal Kroasia tersebut sempat diblok kiper Miswar Saputra namun tetapi sukses meneruskan bola liar yang masih bergulir di depan gawang.

Di babak kedua, Persija mencoba meningkatkan agresivitas serangan demi menyelamatkan wajah dari kekalahan di depan publik sendiri. Namun, sejumlah peluang yang tercipta masih belum membuahkan hasil.

Tuan rumah nyaris menyamakan skor di menit ke-70. Sayang, sundulan Simic memanfaatkan tendangan bebas masih melambung di atas mistar gawang.

Pelatih Persija memasukkan Bambang Pamungkas di menit ke-76 untuk menambah daya gedor di lini depan. Namun, kehadiran Bepe tak mampu menyelamatkan Persija dari kekalahan. Persebaya menang 2-1 di akhir laga.

Laga ini juga diwarnai seremoni perpisahan Bambang Pamungkas yang memutuskan pensiun setelah 20 tahun membela Macan Kemayoran. (jun/ptr)