Liga Inggris: VAR Bantu Liverpool Kalahkan Wolverhampton

CNN Indonesia | Senin, 30/12/2019 01:29 WIB
Liga Inggris: VAR Bantu Liverpool Kalahkan Wolverhampton Liverpool meraih kemenangan tipis atas Wolverhampton Wanderers. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool berhasil mengalahkan Wolverhampton Wanderers 1-0 dalam laga lanjutan Liga Inggris berkat bantuan Video Assistant Referee (VAR) di Stadion Anfield, Senin (30/12) dini hari WIB.

Liverpool tampil dengan kekuatan terbaik di laga ini. Manajer Jurgen Klopp bertekad mengejar kemenangan untuk kembali menjauhkan jarak dengan Leicester City yang berada di posisi kedua.

The Reds pun bermain agresif sejak menit awal untuk mewujudkan target tersebut. Salah satu peluang emas pun tercipta melalui peluang yang didapat Mohamed Salah pada menit ke-21.


Salah melepaskan tendangan voli setelah menerima umpan sundulan Sadio Mane tetapi upaya pemain asal Mesir itu masih bisa diantisipasi dengan sempurna oleh Rui Patricio.

Di menit ke-30 giliran Mane yang berpeluang menempatkan nama di papan skor. Kali ini tembakan Mane dari dalam kotak penalti diblok pemain belakang Wolverhampton dan berujung sepak pojok.

Sepak pojok yang dieksekusi Alexander-Arnold tepat mengarah ke Roberto Firmino tetapi sundulan pemain asal Brasil itu hanya berada tipis di sisi kiri gawang tim tamu.

Liverpool baru bisa memecahkan kebuntuan lewat sontekan Mane dari jarak dekat pada menit ke-42. Gol itu sempat menuai perdebatan karena Adam Lallana dianggap hand ball saat menahan bola menggunakan dada yang bergulir ke arah Mane.

Namun wasit Anthony Taylor mengesahkan gol tersebut setelah melihat tayangan ulang VAR.

Liga Inggris: VAR Bantu Liverpool Kalahkan WolverhamptonLiverpool mendapatkan perlawanan sepadan dari Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris. (AP Photo/Jon Super)
Jelang babak pertama usai, Wolverhampton sebenarnya bisa menyamakan skor jadi 1-1. Pedro Neto membobol gawang Alisson Becker lewat tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Akan tetapi wasit menganulir gol tersebut karena ada pemain Wolverhampton yang lebih dulu berada dalam posisi off side sebelum gol tercipta.

Skor pun bertahan 1-0 untuk keunggulan Liverpool hingga babak pertama berakhir.

[Gambas:Video CNN]
Di babak kedua, Wolverhampton tetap mampu memberikan perlawanan sepadan untuk Liverpool. Hal itu membuat Mane dkk tidak leluasa untuk bisa menciptakan peluang berbahaya di kotak penalti tim tamu.

Peluang bersih baru didapat Liverpool pada pertengahan babak kedua. Firmino mendapatkan peluang untuk mencetak gol setelah kerja sama apik yang dibangun pemain Liverpool.

Liga Inggris: VAR Bantu Liverpool Kalahkan Wolverhampton
Hanya saja tendangan Firmino dari dalam kotak penalti masih berada di atas mistar gawang pada menit ke-61.

Tujuh menit setelah peluang itu gawang Liverpool malah hampir kebobolan. Virgil van Dijk membuat kesalahan sehingga bola yang dikuasainya bisa direbut Diogo Jota.

Penyerang asal Portugal itu lantas menggiring bola ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras yang masih bisa diantisipasi Alisson.

Jelang babak kedua berakhir Wolverhampton semakin gencar memberikan tekanan untuk mencetak gol penyama kedudukan. Namun tidak satu pun peluang yang didapat Raul Jimenez hingga Ruben Vinagre bisa berbuah gol hingga wasit meniup peluit pertanda akhir babak kedua.

Susunan pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker: Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Adam Lallana, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Wolverhampton Wanderers (3-5-2): Rui Patricio; Ryan Bennett, Conor Coady, Max Kilman; Jonny Otto, Leander Dendoncker, Ruben Neves, Joao Moutinho, Ruben Vinagre; Pedro Neto, Diogo Jota. (jal/jal)