Setara Tim Juru Kunci, Liverpool Tanpa Gol Tendangan Bebas

CNN Indonesia | Kamis, 02/01/2020 22:10 WIB
Dari 47 gol yang dilesakkan Liverpool di Liga Inggris musim ini tidak ada satu pun yang berasal dari tendangan bebas langsung, sama seperti Norwich City. Gol Liverpool mayoritas berasal dari situasi open play. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool memiliki catatan buruk dalam tendangan bebas di Liga Inggris. Dari 47 gol yang dilesakkan Mohamed Salah dan kawan-kawan tidak ada satu pun yang berasal dari tendangan bebas langsung, sama seperti Norwich City yang kini menjadi juru kunci.

The Reds merupakan salah satu dari sembilan kesebelasan yang tidak pernah melepaskan tendangan bebas yang langsung menghujam gawang lawan.

Dalam catatan statistik Premier League, Bournemouth merupakan kesebelasan dengan gol terbanyak dari tendangan bebas. Tiga gol tendangan bebas The Cherries mengungguli Manchester City dan Brighton & Hove Albion yang mengoleksi dua gol dari tendangan bebas.


Sementara delapan klub lain, di antaranya Arsenal, Leicester City, dan Tottenham Hotspur, mencetak satu gol dari free kick.

Setara Tim Juru Kunci, Liverpool Tanpa Gol Tendangan BebasLiverpool belum pernah mencetak gol tendangan bebas pada musim ini. (AP Photo/Rui Vieira)
Selain Liverpool, delapan klub Liga Inggris yang gagal memanfaatkan tendangan bebas langsung di Liga Inggris adalah Chelsea, Manchester United, Sheffield United, Crystal Palace, Everton, Burnley, Watford, dan tim juru kunci Norwich City.

Mayoritas gol Liverpool berasal dari bola hidup. Sebanyak 28 gol anak asuh Jurgen Klopp berasal dari rancangan serangan dari bola-bola hidup.

Kendati tak bisa mencetak gol dari tendangan bebas langsung, Liverpool mampu menyarangkan sembilan gol dari situasi set piece. Tercatat ada sembilan gol berasal dari bola mati.

Setara Tim Juru Kunci, Liverpool Tanpa Gol Tendangan Bebas

Serangan balik dan penalti sama-sama menghasilkan empat gol. Sedangkan dua gol lain untuk Liverpool disumbangkan gol bunuh diri lawan.

Liverpool saat ini telah mencetak 47 gol dan jadi klub paling produktif kedua di Liga Inggris setelah Manchester City yang menjaringkan 56 gol.

[Gambas:Video CNN] (nva/sry)