Analisis

West Ham vs Liverpool: Ujian Minamino Jalankan Peran Mane

Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 07:05 WIB
West Ham vs Liverpool: Ujian Minamino Jalankan Peran Mane Takumi Minamino berpeluang besar menggantikan posisi Sadio Mane yang cedera. (AP Photo/Rui Vieira)
Jakarta, CNN Indonesia -- Takumi Minamino akan melakoni ujian sesungguhnya sejak direkrut Liverpool pada bursa transfer Januari 2020.

Minamino berpeluang besar tampil sejak menit pertama saat Liverpoool tandang ke markas West Ham United dalam laga lanjutan Liga Inggris, Rabu (29/1) malam waktu setempat.

Minamino sudah beberapa kali tampil usai direkrut dengan transfer 8,5 juta euro dari Red Bull Salzburg. Bahkan, ia sudah tampil sebagai starter saat bersua Everton dan Shrewsbury Town di Piala FA.


Akan tetapi Minamino belum pernah turun sejak menit pertama di 'panggung sesungguhnya' bernama Liga Primer. Debut penyerang asal Jepang itu di Liga Primer pun baru terjadi kurang dari satu pekan lalu.

Ujian Kelayakan Minamino Tutup Lubang ManeSadio Mane harus menepi dari skuat Liverpool karena cedera. (AP Photo/Jon Super)
Minamino bermain sebagai pemain pengganti saat Liverpool menang 2-1 atas Wolverhampton Wanderers di Stadion Molineux, 24 Januari 2020. Minamino bermain cukup lama, sekitar 57 menit menggantikan Sadio Mane yang mengakhiri permainan lebih cepat karena cedera hamstring.

Cedera yang dialami Mane tentu sebuah kerugian besar bagi Liverpool. Peran penyerang sayap asal Senegal itu sangat signifikan di lini depan tim kota pelabuhan, setara Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Namun, di sisi lain cedera Mane ibarat berkah buat Minamino. Meski masih beradaptasi dengan taktik Juergen Klopp, pemain berusia 25 itu memiliki momen tepat untuk membuktikan ia layak bermain di Liga Primer dan mengenakan seragam Liverpool.

Minamino sebenarnya bukan tanpa pesaing untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Mane. Di sektor tersebut, The Reds masih punya Divock Origi.

Origi bukan pemain sembarangan. Soal kebuasan di kotak penalti lawan dan naluri mencetak gol, penyerang asal Belgia itu jelas unggul atas Minamino.

Ujian Kelayakan Minamino Tutup Lubang ManeDivock Origi jadi pesaing Takumi Minamino untuk menggantikan Sadio Mane. (AP Photo/Hassan Ammar)
Origi kerap mencetak gol penting dan jadi salah satu sosok penting di balik keberhasilan Liverpool merengkuh gelar keenam Liga Champions musim lalu.

Namun ada satu perbedaan mencolok antara Origi dan Minamino yang penting buat kebutuhan taktik Klopp. Minamino merupakan pemain yang lebih fleksibel ketimbang Origi.

Origi paling cakap menempati peran sebagai penyerang sayap dan targetman tim. Sedangkan Minamino bisa bermain hampir sama baiknya di lima posisi berbeda.

Minamino bisa bermain sebagai penyerang sayap, gelandang serang maupun gelandang sayap kanan walau berposisi asli sebagai penyerang.

Buat Klopp fleksibilitas Minamino bagus untuk taktik yang ia rancang. Hal itu pula yang terlihat dari peran Minamino saat Liverpool mengalahkan Wolves.

[Gambas:Video CNN]

Minamino sangat cocok bermain dalam formasi 4-3-3 tetapi juga tidak masalah saat bermain lebih bertahan dalam formasi klasik 4-4-2.

Mengacu statistik Who Scored, Minamino 41 kali menyentuh bola dan dari rapor heat map cukup rajin bergerak hampir ke semua sisi lapangan saat menghadapi Wolves.

"Minamino super. Ketika Mane keluar kami bermain sedikit berbeda dari biasanya. Kami harus bertahan dengan 4-4-2 dan menyerang dengan sistem biasa. Jika Divock Origi yang masuk, yang 100 persen dia pantas, maka kami akan bermain sangat ofensif," ujar Klopp.

Ujian Kelayakan Minamino Tutup Lubang Mane
"Minamino baru latihan dua atau tiga pekan bersama kami, bermain di sejumlah posisi berbeda, bermain di tengah pada Piala FA, sekarang tampil di sayap kiri dan kanan. Dia bisa main di posisi itu, kami butuh dia," ia menambahkan.

Meski West Ham hanya tim papan bawah di Liga Inggris, Klopp tentu tidak akan gegabah memaksakan anak asuhnya tampil ofensif dengan memainkan trio Origi, Salah, dan Firmino. Peran Minamino yang lebih bagus dalam bertahan dibutuhkan meski sang pemain baru saja tampil selama 85 menit saat The Reds ditahan imbang Shrewsbury pada pentas Piala FA.

The Hammers tetap bukan tim yang bisa dianggap remeh oleh Klopp. Apalagi, tim asal London itu dipimpin sosok manajer berpengalaman dalam diri David Moyes.

Jika ujian di laga melawan West Ham bisa dilewati dengan mulus oleh Minamino, maka bukan mustahil ia bakal dapat porsi bermain lebih banyak dari Klopp. Setidaknya hingga Mane pulih dari cedera hamstring yang membekapnya di laga melawan Wolves. (jal)