GBT Venue Piala Dunia U-20, Iwan Bule Apresiasi Risma

CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 16:33 WIB
GBT Venue Piala Dunia U-20, Iwan Bule Apresiasi Risma Mochamad ‘Iwan Bule’ Iriawan dan Tri Rismaharini melakukan inspeksi di Stadion GBT. (Farid/CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PSSI Mochamad 'Iwan Bule' Iriawan mengapresiasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terkait keseriusan Surabaya dalam mempersiapkan gelaran Piala Dunia U-20 2021.

Pernyataan itu disampaikan Iwan Bule saat bertemu Risma. Keduanya melakukan inspeksi lapangan ke Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (20/2), yang merupakan salah satu stadion yang terpilih untuk gelaran Piala Dunia U-20.

"Kami sangat menghargai pemerintah daerah yang bersungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu 'host cities' Piala Dunia U-20 2021," kata Iwan Bule.


Risma dan Iwan Bule juga meninjau lapangan penunjang latihan, kamar ganti, hingga naik ke royal box bagian atas Stadion GBT. Keduanya bahkan sempat menjajal langsung rumput lapangan.

"Stadion ini sudah sangat bagus. Tinggal perbaikan-perbaikan kecil di beberapa sisi, misalnya ketersediaan ruang ganti dengan jacuzzi untuk pemulihan pemain," kata Iwan Bule.

Sidak venue Stadion GBT sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.Sidak venue Stadion GBT sebagai venue Piala Dunia U-20 2021. (Farid/CNN Indonesia)
"Dukungan optimal dari pemerintah daerah adalah salah satu poin penting sehingga sebuah kota akan kami pilih sebagai salah satu dari enam 'host cities' Piala Dunia U-20 2021," katanya.

Risma sendiri memaparkan langkah konkret pemerintah kota Surabaya dalam melakukan persiapan, seperti penambahan akses jalan menuju GBT, penggantian rumput, penambahan lampu penerangan, serta perbaikan lift penumpang dan barang.

Risma dan Iwan Bule Inspeksi Venue Piala Dunia U-20
Untuk penggantian rumput berstandar FIFA, berjenis zoysia japonica, Risma mengatakan setidaknya pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp4 miliar per lapangan.

"Kami melakukannya untuk empat lapangan sekaligus," kata Risma.

[Gambas:Video CNN]
Risma mengatakan sejak akhir tahun lalu pihaknya juga membangun tiga lapangan latihan di sisi utara GBT. Nantinya usai Piala Dunia U-20 2021 lapangan-lapangan tersebut bisa dipakai latihan Sekolah Sepak Bola (SSB) di Surabaya

"Impian saya akan lahir bakat-bakat muda, Supriadi-Supriadi [pemain Timnas U-19 asal Surabaya] baru. Bermula menjadi anak gawang yang ikut Piala Dunia dengan menggandeng pemain-pemain negara peserta, dari situ mimpi mereka terbangun," kata Risma.

Risma pun menargetkan persiapan seperti pembenahan dan penambahan fasilitas, dan infrastruktur penunjang gelaran Piala Dunia U-20 2021 rampung November mendatang. (frd/har)