Beragam Cara Pesepak bola Melawan Virus Corona

CNN Indonesia | Senin, 23/03/2020 19:43 WIB
Jiwa sosial para pesepak bola muncul di tengah pandemi virus corona yang melanda dunia saat ini dan menghentikan keseruan liga. Pesepak bola ramai-ramai ikut menyumbang beragam kebutuhan untuk melawan pandemi virus corona. (AP Photo/Martin Meissner)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beragam cara ditampilkan para pesepak bola, seperti Zlatan Ibrahimovic atau Lionel Messi untuk berjuang meringankan beban sesama di tengah pandemi virus corona.

Saat lapangan ditutup, kebintangan atlet lapangan hijau tak meredup. Kendati tak memiliki kemampuan menyembuhkan orang sakit, mereka memilih berbuat baik seperti menyumbangkan uang atau properti serta ikut dalam aktivitas kebajikan lainnya.

Berikut berbagai cara pesepak bola di dunia melawan virus corona:


1. Donasi Uang dan Barang
Cara ini merupakan salah satu yang paling populer. Banyak pemain menyisihkan harta dan disumbangkan kepada pihak-pihak yang berhak menerima. Seperti yang dilakukan para pemain timnas Jerman, serta banyak pemain-pemain lain di dunia.

Beragam Cara Pesepak bola Melawan Virus CoronaMantan pemain timnas Italia, Francesco Totti turut menyumbang alat kesehatan. (AFP PHOTO / VALERY HACHE)

Selain memberi donasi berupa uang, ada pula pesepak bola juga ikut membeli alat-alat khusus yang vital untuk menghadapi penyebaran COVID-19, seperti menyumbang alat bantu pernapasan atau alat-alat medis yang dilakukan mantan kapten timnas Italia, Francesco Totti, serta mantan presiden Milan, Silvio Berlusconi.

2. Menggalang Donasi

Zlatan Ibrahimovic menggalang donasi 'Kick the Virus Away' di sebuah situs khusus donasi daring. Tak hanya mengajak orang-orang menyumbang, Ibrahimovic juga turut menyisihkan uangnya dalam penggalangan tersebut.

Beragam Cara Pesepak bola Melawan Virus Corona

3. Menyumbang Properti

Bukan cuma uang yang bisa disumbangkan. Atlet dan mantan atlet di Inggris melakukan hal ini. Pemain Crystal Palace, Wilfried Zaha, menawarkan akomodasi gratis untuk pelayan kesehatan nasional Britania di beberapa apartemen London yang dikelola di bawah perusahaan ZO Properties.

Langkah yang sama juga diambil Gary Neville dan Ryan Giggs yang membuka pintu kepada petugas kesehatan di hotel milik mereka berdua di Manchester

Sedangkan kesebelasan di Brasil, seperti Flamengo dan Corinthians, menyediakan stadion mereka untuk dijadikan rumah sakit dan klinik lapangan.

[Gambas:Video CNN]

4. Bermain E-Sport

Saat liga dihentikan sementara, banyak waktu luang yang dimiliki para pemain untuk berada di rumah masing-masing. Untuk tetap menghibur pecinta sepak bola, pemain-pemain Liga Spanyol dikumpulkan untuk bermain gim FIFA 20.

Marco Asensio yang menjadi perwakilan Real Madrid berhasil tampil menjadi juara dalam ajang La Liga Santander Challenge.
Beragam Cara Pesepak bola Melawan Virus Corona

5. Meminta Fan Tetap di Rumah

Tak sedikit pula pesepak bola yang mengampanyekan gerakan berdiam di rumah untuk menekan penyebarluasan virus corona. Ciro Immobile dan Lionel Messi adalah beberapa yang menyebarluaskan pesan simpel tersebut dalam media sosial. (nva/ptr)