GP Inggris dan Australia Batal, MotoGP 2020 Semakin Rontok

CNN Indonesia | Jumat, 29/05/2020 14:54 WIB
Race winner Spain's rider Alex Rins of the Team SUZUKI ECSTAR, second right, celebrates on a podium with the team principal Davide Brivio, second left, second placed Spain's rider Marc Marquez of the Repsol Honda Team, left, and third placed Spain's rider Maverick Vinales of the Monster Energy Yamaha MotoGP after the MotoGP race at the British Motorcycle Grand Prix at the Silverstone racetrack, in Silverstone, England, Sunday, Aug. 25, 2019. (AP Photo/Rui Vieira) MotoGP Inggris. (AP Photo/Rui Vieira)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP 2020 semakin rontok setelah Dorna Sports mengumumkan pembatalan MotoGP Inggris dan Australia. Total sudah enam seri balapan yang dibatalkan.

CEO Dorna Sports selaku pengelola MotoGP, Carmelo Ezpeleta, mengatakan keputusan pembatalan MotoGP Inggris dan Australia diambil setelah pihaknya menemui jalan buntu untuk menggelar balapan di dua sirkuit legendaris tersebut.

"Kami sedih untuk mengumumkan pembatalan dua ajang ikonis ini setelah tidak menemui jalan untuk memasukkan logistik dan menjalani operasional karena pandemi dan perubahan jadwal," ujar Ezpeleta dalam rilis resmi.


MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone semula dijadwalkan berlangsung 28-30 Agustus 2020. Sementara MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island memiliki jadwal pada 23-25 Oktober 2020.

Ini adalah kali pertama sejak 70 tahun sejarah balap motor Grand Prix tidak seri balapan di Inggris. Sementara Phillip Island sudah menggelar balapan Grand Prix sejak 1989.

"Atas nama Dorna Sports, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh penggemar atas pengertian dan kesabaran mereka saat kita menunggu situasi membaik. Kami tidak sabar menjalani balapan di Silverstone dan Phillip Island tahun depan," ucap Ezpeleta.

[Gambas:Video CNN]
Total sudah enam seri balapan MotoGP 2020 yang dibatalkan. Selain Inggris dan Australia, seri balapan yang sudah dibatalkan adalah Qatar, Jerman, Belanda, dan Finlandia.

Empat seri balapan: Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya hingga kini belum memiliki jadwal baru setelah ditunda. Sementara MotoGP Thailand, Amerika Serikat dan Argentina sudah memiliki jadwal baru setelah diundur dari awal musim.

Dorna Sports sendiri dikabarkan siap menggelar balapan pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 19 Juli mendatang. (har/sry)