Stadion Alfredo Di Stefano, Kandang Madrid Pengganti Bernabeu

CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2020 03:10 WIB
Inter Milan team members take part in a training session at the Alfredo Di Stefano stadium in Madrid, on May 21, 2010, on the eve of the UEFA Champions League Final against Bayern Munich. AFP PHOTO/CHRISTOPHE SIMON (Photo by CHRISTOPHE SIMON / AFP) Stadion Alfredo Di Stafeno bakal jadi kandang Madrid di sisa laga musim ini. (AFP/CHRISTOPHE SIMON)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stadion Alfredo Di Stefano bakal jadi venue sementara bagi kandang Real Madrid saat kompetisi Liga Spanyol musim ini dilanjutkan di tengah pandemi virus corona.

Dikutip dari situs resmi Madrid, Stadion Di Stefano dibangun pada 2006. Tepatnya dibuka pada 9 Mei 2006 dengan pertandingan Madrid vs Stade de Reims.

Stadion Di Stefano terletak di jantung 'Kota' Real Madrid dengan lahan seluas 120 hektare di Valdebebas. Bangunan tersebut memiliki kapasitas 6.000 penonton, 4.000 penonton di tribun barat dan 2.000 di tribune timur.


Stadion ini sedang dalam tahap pengembangan fase keempat dengan perencanaan menambah kapasitas menjadi 25 ribu kursi.

Alfredo Di Stefano merupakan stadion yang digunakan tim utama Los Blancos untuk latihan. Namun menjadi markas untuk pertandingan kandang resmi tim muda Madrid, Madrid Castilla.

[Gambas:Video CNN]
Meski digunakan sebagai tempat latihan Madrid, namun stadion ini memiliki teknologi canggih, salah satunya sistem pemanas di bagian bawah lapangan. Unit kontrol fasilitas dan unit kontrol pertandingan juga tersedia di stadion ini.

Stadion tersebut tidak saja nyaman bagi media karena memiliki dua area televisi tempat bagi komentator televisi dan radio, tetapi juga ramah lingkungan.

Khusus untuk suporter, disediakan area parkir yang luas. Penonton yang datang memiliki kamar mandi serta area makan dan minum sendiri.

Dalam kondisi darurat, Stadion Di Stefano punya jalur evakuasi yang aman dan luas. Orang-orang dengan mobilitas terbatas juga akan nyaman datang ke stadion ini.

Satu yang paling penting adalah, Stadion Alfredo Di Stefano dirancang sebagai venue serbaguna. Tidak saja untuk sepak bola, tetapi juga bisa untuk konser.

Madrid memindahkan venue kandang dari Stadion Santiago Bernabeu karena mengalami kesulitan keuangan akibat wabah Covid-19.

"Kami telah membuat keputusan untuk bermain di Stadion Alfredo Di Stefano di semua pertandingan saat bermain dengan tim lokal," ujar Presiden Madrid Florentino Perez dikutip dari Mirror. (sry/jun)