Pemain Asing Persib Dukung Liga 1 Digelar di Masa Pandemi

CNN Indonesia | Jumat, 05/06/2020 21:00 WIB
Pesepakbola Arema FC, Mathias Malvino Gomez (kanan) berusaha melewati hadangan dua pesepakbola Persib Bandung, Nick Anna Maria Francois Kuipers (tengah) dan Victor Igbonefo (kiri)  dalam pertandingan Liga I di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (8/3/2020). Persib mengalahkan Arema dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp. Nick Kuipers tak sabar menanti Liga 1 2020 bergulir kembali. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain asing Persib Bandung asal Belanda, Nick Kuipers, menyambut baik rencana kembali bergulirnya Liga 1 2020 di masa pandemi virus corona.

PSSI berencana kembali menggelar Liga 1 dan Liga 2 pada September atau Oktober mendatang. Format kompetisi disebut mengalami perubahan termasuk menghapus degradasi bagi Liga 1, pembatasan dua klub teratas klasemen di Liga 2, dan membuat kompetisi terpusat di Pulau Jawa.

Secara teknis, berbagai opsi yang ditawarkan PSSI kepada klub peserta sudah mempertimbangkan berbagai hal. Termasuk perubahan format yang menghilangkan degradasi seperti yang dilakukan Liga Jepang saat ini.


"Saya harap liga bisa dimulai kembali. Saya tak sabar segera bertanding," ucap Nick, Jumat (5/6).

Terhentinya kompetisi Liga 1 membuat klub-klub meniadakan sesi latihan. Selama masa pandemi ini, Nick pun mengaku hanya berlatih mandiri di rumah.

GIF Banner Promo Testimoni
Mantan pemain ADO Den Haag di Liga Belanda ini berharap situasi segera membaik dan bisa kembali mengikuti latihan bersama tim.

"Saya tak berhenti berlatih setelah pertandingan terakhir kita bahkan sampai saat ini masih berlatih di rumah. Saya harap kita bisa berlatih bersama dengan tim segera," tuturnya.

Di sisi lain, stopper 27 tahun ini turut merasa cemas dengan nasib tim-tim Liga 2. Mengingat Liga 1 digulirkan tanpa ada yang terdegradasi.

[Gambas:Video CNN]
Meski demikian, Nick menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada otoritas sepak bola di Indonesia.

"Tapi untuk tim dari Liga 2, tentu itu tidak bagus. Itulah pilihan dari PSSI dan hal yang paling penting adalah liga bisa dimulai kembali dan semuanya bisa bermain sepak bola kembali," ucapnya.

Di klasemen sementara Liga 1 2020, Persib masih berada di peringkat pertama dengan raihan poin sempurna sembilan. Maung Bandung menang di tiga laga terakhirnya sebelum kompetisi ditunda. (hyg/jun)