Juara Liga Inggris, Liverpool Kehilangan Puluhan Miliar

CNN Indonesia | Sabtu, 27/06/2020 13:37 WIB
Liverpool's Virgil van Dijk jumps to celebrate scoring his side's first goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Manchester United at Anfield Stadium in Liverpool, Sunday, Jan. 19, 2020.(AP Photo/Jon Super) Liverpool harus membayar bonus sesuai klausul transfer pemain usai juara Liga Inggris. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liverpool telah memastikan diri sebagai juara Liga Inggris musim 2019/2020. Kepastian ini membuat The Reds bakal kehilangan dana puluhan miliar rupiah.

Dilansir Daily Mail, Liverpool bersiap untuk mengeluarkan dana yang akan diberikan kepada beberapa klub Inggris. Hal itu lantaran klausul dalam transfer pemain yang disepakati The Reds usai mengakhiri puasa gelar selama 30 tahun.

Liverpool banyak melakukan pembelian pemain untuk membawa mereka kembali menguasai Liga Inggris. Dalam skema transfer mereka, Liverpool turut menyertakan klausul pembayaran bonus yang harus dibayarkan usai juara Liga Inggris.


Southampton akan jadi klub dengan keuntungan paling besar di balik sukses Liverpool. Tim yang bermarkas di St Mary's itu akan menerima setidaknya tiga juta poundsterling atau setara Rp53 miliar.

Liverpool memang membeli banyak pemain dari Southampton antara lain Virgil van Dijk, Sadio Mane, Adam Lallana, dan Dejan Lovren.

Arsenal juga akan mendapatkan keuntungan serupa dari penjualan Alex Oxlade-Chamberlain. Gelandang timnas Inggris itu direkrut Liverpool dari Arsenal pada Agustus 2017.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Selain itu dua klub penghuni Championship, Hull dan Charlton Athletic juga berada dalam daftar ini. Dua klub ini akan mendapat sejumlah uang sebagai bagian dari transfer Andrew Robertson dan Joe Gomez.

Liverpool memastikan gelar Liga Inggris setelah Manchester City takluk 1-2 dari Chelsea pada pekan ke-31 Liga Inggris. Kekalahan itu membuat The Citizens tidak bisa lagi mengejar perolehan poin tim kota pelabuhan.

Gelar musim ini merupakan yang pertama buat The Reds di era Premier League. Total Liverpool sudah mengoleksi 19 gelar Liga Inggris sepanjang sejarah klub.

(jal/nva)

[Gambas:Video CNN]