Diwarnai Tiga Penalti, Barcelona Imbang 2-2 Lawan Atletico

CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 05:05 WIB
Barcelona's Lionel Messi, center, kicks the ball in front Atletico Madrid's Angel Correa during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Atletico Madrid at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Tuesday, June 30, 2020. (AP Photo/Joan Monfort) Barcelona ditahan imbang 2-2 oleh Atletico Madrid. (AP/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga penalti mewarnai laga Barcelona vs Atletico Madrid yang berakhir imbang 2-2 pada lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Selasa (30/6) waktu setempat.

Duel sengit tersaji sejak awal laga. Barcelona mencoba tampil dominan namun Atletico mampu memberikan perlawanan ketat yang membuat Lionel Messi dkk kesulitan mencetak gol.

Tetapi Blaugrana mendapat angin segar setelah unggul lebih dulu di menit ke-12 berkat gol bunuh diri Diego Costa. Striker asal Spanyol itu justru mencetak gol ke gawang sendiri ketika ikut membantu pertahanan.


Bermula dari tendangan pojok Lionel Messi dari sisi kanan. Sepakannya mengarah ke kotak penalti dan membentur kaki Costa sehingga bola tak bisa dibendung Jan Oblak.

Costa sebenarnya punya kesempatan untuk menebus kesalahan lewat eksekusi penalti di menit ke-14. Namun, tendangannya masih mampu dibaca Marc-Andre Ter Stegen.

Beruntung penalti tersebut harus diulang setelah wasit mendapat konfirmasi VAR bahwa Ter Stegen lebih dulu keluar dari garis gawang sebelum Costa melakukan tendangan.

Costa kemudian menyerahkan tugas sebagai algojo penalti kepada Saul Niguez yang berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna. Tendangan mendatar ke ke pojok kiri gawang berhasil memperdaya Ter Stegen yang bereaksi ke arah berlawanan.

Messi kemudian membawa Barcelona kembali unggul di menit ke-50. Gol pengoleksi enam penghargaan Ballon d'Or itu tercipta dari titik putih. Ini sekaligus menjadi gol ke-700 Messi di sepanjang kariernya.

Sayang, Barcelona kembali gagal mempertahankan keunggulan dan Atletico berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-62. Uniknya, gol tersebut juga tercipta lewat eksekusi penalti.

Total ada tiga penalti yang diberikan wasit Alejandro Hernandez di laga ini. Dengan catatan, tendangan Costa diulang karena Ter Stegen dianggap sudah keluar garis sebelum bola ditendang.

Hasil ini membuat Barcelona gagal menyalip Madrid dari puncak klasemen Liga Spanyol. Blaugrana tertinggal satu angka dari Madrid yang mengemas 71 poin.

Madrid berpeluang menjauh dari kejaran jika mampu memetik kemenangan saat menjamu Getafe di Stadion Alfredo Di Stefano, Jumat dini hari (3/7).

Susunan Pemain

Barcelona XI: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Riqui Puig; Lionel Messi, Luis Suarez, Arturo Vidal.

Atletico Madrid XI: Jan Oblak; Santiago Arias, Jose Gimenez, Felipe, Renan Lodi; Angel Correa, Thomas Partey, Saul Niguez, Yannick Carrasco; Diego Costa, Marcos Llorente.

(jun/jun)

[Gambas:Video CNN]