Lin Dan, Legenda Bulutangkis Tanpa Juara Indonesia Open

CNN Indonesia | Sabtu, 04/07/2020 15:53 WIB
Lin Dan dikalahkan pebulutangkis asal Denmark, Jogersen di perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 Lin Dan tak pernah juara Indonesia Open. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski punya prestasi mendunia bersama tim bulutangkis China, Lin Dan belum pernah merasakan manisnya gelar Indonesia Open.

Lin Dan pernah meraih dua medali emas Olimpiade dan lima kali menyabet gelar juara dunia. Ia juga pernah meraih enam gelar All England dan sederet juara turnamen BWF.

Rentetan medali yang membuatnya layak menyandang status pebulutangkis legendaris. Namun, pria kelahiran Longyan itu ternyata belum pernah memenangi Indonesia Open.


Gelar Indonesia seperti kutukan bagi Lin Dan. Mantan pebulutangkis andalan China itu bahkan tak mampu tampil impresif atau selalu gagal menembus partai final.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Di tahun 2018, Lin Dan kalah di babak pertama di tangan Prannoy H.S. Tahun sebelumnya, Lin Dan juga tumbang di babak pertama di tangan Wang Tzu-wei.

Pada Indonesia Open 2016, Jonatan Christie mengubur mimpi Lin Dan di babak kedua sedangkan di 2015, Tommy Sugiarto mengalahkan Lin Dan di pertandingan pertama.

Terakhir, Lin Dan tersingkir di babak kedua Indonesia Open 2019 setelah dikalahkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen. Lin Dan menyerah 22-24, 21-17, 13-21 dari unggulan keempat tersebut.

Atlet yang dijuluki Super Dan itu harus melupakan penasaran tak pernah juara di Indonesia Open setelah memutuskan gantung raket, Sabtu (4/7).

(jun/nva)

[Gambas:Video CNN]