Winger Timnas Indonesia Yakin Shin Tae Yong Lampaui Target

CNN Indonesia | Senin, 06/07/2020 22:35 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. Shin Tae Yong diyakini lampaui target PSSI. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Winger Timnas Indonesia Saddil Ramdani yakin Shin Tae Yong mampu melewati target yang diberikan PSSI.

Shin Tae Yong ditargetkan membawa tim Merah Putih juara Piala AFF 2020. Pelatih asal Korea Selatan itu juga diharapkan bisa memperbaiki peringkat Indonesia di FIFA.

"Saya yakin dia bisa [memenuhi target]. Apalagi, kami anak-anak Indonesia juga punya keinginan yang tinggi. Jadi bukan cuma faktor Coach Shin saja, kami sebagai pemain yang terpilih nanti juga harus menunjukkan yang terbaik," kata Saddil, Senin (6/7).


Selain juara Piala AFF 2020, skuad Garuda diharapkan bisa meraih hasil positif di tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada 8 Oktober, menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober, dan melawan Vietnam pada 12 November. Hasil positif di tiga laga sisa ini bisa memperbaiki peringkat Indonesia di peringkat FIFA.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Saddil juga mengakui metode latihan yang diterapkan Shin Tae Yong sangat disiplin. Ia pernah merasakan gemblengan Shin Tae Yong pada pemusatan latihan (TC) pada, Februari lalu.

"Kalau menurut saya selama beberapa minggu bersama beliau [Shin Tae Yong], orangnya disiplin, terus bekerja keras. Pelatih itu sangat mengutamakan kedisiplinan, kekompakan, intinya latihannya sama dia sangat keras," kata Saddil, Senin (6/7).

Menurut pemain asal Kendari, Sulawesi Tenggara itu, masing-masing pelatih memiliki karakter yang berbeda-beda saat melatih. Namun, semua pelatih memiliki tujuan untuk membangun tim yang bagus.

Saddil yang musim ini memperkuat Bhayangkara FC itu menyebut persaingan masuk Timnas sangat ketat. Setiap pemain pasti berjuang keras untuk mendapatkan tempat.

"Ya setiap pemain pastinya mau membela negara. Bahkan semua anak bangsa, begitu juga Saddil. Dipanggil atau tidak dipanggil saya selalu siap. Kalau kembali dibutuhkan Saddil akan tunjukkan sekuat tenaga untuk bisa membanggakan negara," sebut Saddil.

Untuk mewujudkan ambisinya itu, Saddil rutin menjalani latihan individu di kampung halamannya. Ia bahkan punya program khusus untuk menurunkan berat badan.

Timnas U-16 Tes PCR Covid-19

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Timnas Indonesia U-16 bakal mengikuti gelaran tes Polymerase Chain Reaction (PCR) besok, Selasa (7/7).

Timnas Indonesia U-16 di bawah kepelatihan Bima Sakti menggelar pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi mulai 6-29 Juli 2020. TC tersebut merupakan persiapan jelang Piala AFC U-16 pada 25 November hingga 12 Desember 2020 di Bahrain.

Sebelumnya, Rui Arianto dkk sudah menjalani rapid tes sehari sebelum latihan dimulai, tepatnya Minggu (5/7). Hasilnya, semua pemain dan ofisial yang mengikuti tes terbebas dari paparan Covid-19.

"Kami juga akan melakukan Tes Swab pada pemain dan ofisial Timnas U-16 pada Selasa besok. Hal ini sebagai upaya dukungan penuh PSSI kepada Timnas U-16 demi kesehatan bersama," ucap Ketua Umum yang akrab disapa Iwan Bule itu dilansir dari situs PSSI, Senin (6/7).

(TTF/jun)

[Gambas:Video CNN]