Lorenzo: Marquez Hadapi Risiko Terburuk di MotoGP

CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2020 15:41 WIB
Jorge Lorenzo mengingatkan bahwa Marc Marquez menghadapi risiko terburuk dengan mencoba tampil di MotoGP Andalusia. Jorge Lorenzo menganggap tindakan Marc Marquez penuh risiko. (KARIM JAAFAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jorge Lorenzo mengingatkan bahwa Marc Marquez menghadapi risiko terburuk dengan mencoba tampil di MotoGP Andalusia.

Lorenzo mengakui bahwa Marquez melakukan langkah berani namun penuh risiko dengan mencoba tampil di sesi latihan bebas ketiga MotoGP Andalusia.

"Saya menduga bahwa kalian juga mengerti bahwa melakukan hal ini penuh risiko, karena kecelakaan lainnya pada lengan yang baru dioperasi bakal punya konsekuensi, seperti halnya yang menimpa saya di Jerman [2013]."


"Bahkan bisa jadi lebih buruk, karena lengan atau tulang lengan kanan lebih rumit dibandingkan tulang selangka [cedera Lorenzo]. Hal itu jelas lebih serius. Dari yang saya baca, saraf yang melintasi lengan bisa mudah terdampaK [akibat cedera]," ucap Lorenzo dikutip dari AS.

Lorenzo yakin bahwa tekad Marquez untuk balapan di MotoGP Andalusia tak lepas dari gairah besar yang ada di dalam dirinya.

MotoGP rider Marc Marquez of Spain steers his motorcycle during the Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, July 19, 2020. (AP Photo/David Clares)Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol. (AP/David Clares)

"Dia punya gairah untuk memenangkan kejuaraan dunia. Bila seorang pembalap tidak mempunya itu, tentu dia lebih memilih untuk berdiam di rumah."

"Saya menduga bahwa dia dalam kondisi bagus setelah operasi, karena bila ia masih merasa sakit tentu dia tak akan diperbolehkan melakukan ini," ujar Lorenzo yang pensiun di akhir musim lalu.

Lorenzo yakin sesi latihan bebas ketiga bakal penting bagi Marquez.

"Setelah menjalani beberapa lap, dia akan mulai mempertimbangkan untuk terus melanjutkan atau tidak. Kenyataan ini tentu mengejutkan karena semua pihak awalnya menduga bakal kembali melihat Marquez di Brno."

"Bila Marquez terlihat kuat dan lengannya mampu bertahan, dia tentu akan mencoba balapan karena sangat jelas dia ingin kembali memenangkan kejuaraan dunia," kata Lorenzo.

Lorenzo sempat mengalami kecelakaan dan patah tulang selangka pada MotoGP Belanda 2013. Lorenzo mengalami cedera tersebut pada Kamis, lalu langsung terbang dan menjalani operasi di Barcelona pada malam harinya.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Lorenzo kembali ke sirkuit pada hari Jumat dan kemudian berhasil finis di posisi kelima pada saat balapan. Di MotoGP Jerman, Lorenzo mengalami kecelakaan dan harus menjalani operasi tambahan akibat pelat yang menopang cedera sebelumnya rusak.

Balapan MotoGP Andalusia bakal berlangsung Minggu (26/7). Balapan MotoGP Andalusia bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(jun)

[Gambas:Video CNN]