Kevin Sanjaya dan Ambisi Emas Olimpiade 2020

CNN Indonesia | Minggu, 02/08/2020 14:44 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo memiliki hasrat besar melengkapi gemilang prestasi di badminton dengan medali emas Olimpiade. Kevin Sanjaya Sukamuljo bidik emas Olimpiade 2020. (Morgan Harlow/PA via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kevin Sanjaya Sukamuljo memiliki hasrat besar melengkapi gemilang prestasinya di badminton dengan emas Olimpiade 2020 yang akan berlangsung tahun depan.

Kevin merupakan salah atlet badminton top dunia yang dimiliki Indonesia, dengan menduduki peringkat 1 dunia bersama Marcus Fernaldi Gideon di sektor ganda putra.

Sederet gelar bergengsi diraih Kevin, mulai dari SEA Games, Kejuaraan Asia, Asian Games, hingga berbagai medali di BWF World Tour.


Prestasi-prestasi itu tidak diraih Kevin dengan mudah. Kevin mengawali karier dengan turun di nomor tunggal putra. Akan tetapi, Kevin gagal berprestasi di nomor tunggal.

"Sempat kecewa, tetapi tidak lama. Selanjutnya saya jalani saja [proses bermain di ganda]," ujar Kevin saat wawancara khusus dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]

Meski gagal bersinar di nomor tunggal, Kevin tidak menyerah. Pada 2010 Kevin pindah ke nomor ganda putra. Perpindahan itu juga yang membawa Kevin ke Pelatnas Cipayung pada 2013, hingga akhirnya dipasangkan dengan Marcus Gideon.

"Waktu itu partner saya [Selvanus Geh] sakit dan harus istirahat panjang, koh Sinyo (Marcus) saat itu juga baru masuk pelatnas lagi dan belum punya partner. Akhirnya pelatih kami, mas Chafidz [Yusuf, asisten pelatih ganda putra saat itu] memutuskan untuk memasangkan kami," tutur Kevin yang kini berulang tahun ke-25.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Sejak itu Kevin dan Marcus seperti duet maut bagi ganda putra Indonesia. Beragam gelar mulai dari BWF Grand Prix, Superseries, hingga World Tour diraih The Minions.

China Open, Indonesia Open, All England, World Super Series Final adalah sederet prestasi top yang pernah dimenangi Kevin bersama Marcus. Torehan itu makin lengkap dengan medali emas Asian Games 2018 ketika Indonesia jadi tuan rumah.

Meski demikian, beberapa kejuaraan besar semisal Piala Sudirman, Piala Thomas, Kejuaraan Dunia, dan Olimpiade masih dalam incaran atlet kelahiran Banyuwangi ini.

Kevin sendiri mengaku tidak terbebani dengan kegagalan juara di Kejuaraan Dunia Badminton dalam tiga edisi terakhir.

"Masih banyak target yang ingin saya raih. Terbesar mungkin di Olimpiade nanti," kata Kevin.

Selamat ulang tahun Kevin Sanjaya Sukamuljo.

(sry/jal)