Yamaha Sudah Cari Pengganti Rossi Sejak 2005

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 09:56 WIB
Direktur Tim Yamaha Lin Jarvis menilai Fabio Quartararo merupakan pengganti Valentino Rossi yang telah mereka cari sejak lama. Fabio Quartararo pengganti ideal Valentino Rossi. (AP/David Clares)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Tim Yamaha Lin Jarvis menilai Fabio Quartararo merupakan pengganti Valentino Rossi yang telah mereka cari sejak lama.

Yamaha sempat khawatir akan ditinggal Rossi saat pembalap berjuluk The Doctor itu menandatangani kontrak dengan tim berlambang garpu tala pada musim 2004 sampai 2005.

"Sejak 2005 kami telah mencari pengganti Valentino Rossi," ujar Jarvis dikutip dari Tuttomotoriweb.


"Tahun itu, setelah dua musim bersama Yamaha, ada kemungkinan besar dia akan meninggalkan kami untuk pergi ke Formula 1," ucap Jarvis menambahkan.

Yamaha patut cemas kehilangan Rossi karena ingin tetap mempertahankan posisi juara dunia. Rossi pindah ke Yamaha pada 2004 usai dua kali juara dunia MotoGP bersama Honda.

[Gambas:Video CNN]

Pada dua musim pertamanya di Yamaha, Rossi sukses memberikan dua gelar juara. Pembalap kelahiran Tavullia itu akhirnya tetap bersama Yamaha hingga musim 2010 sebelum pindah ke Ducati di dua musim berikutnya.

"Pada saat itu kami mendekati Jorge Lorenzo. Dia datang bersama kami dan kami memenangkan tiga gelar. Ini adalah pertama kalinya kami memikirkan kemungkinan pengganti," tutur Jarvis.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Kini Yamaha tidak lagi khawatir untuk memiliki pembalap potensial setelah merekrut Fabio Quartararo pada musim depan. Pada MotoGP 2021 Quartararo akan satu tim dengan Maverick Vinales. Sedangkan Rossi berpeluang besar gabung Petronas Yamaha.

"Untuk saat ini kami memiliki Maverick dan Fabio, yang merupakan debutan terbaik tahun 2019. Menurut saya, kami sudah memiliki orang-orang yang dapat menggantikannya di trek," kata Jarvis.

Live streaming MotoGP Ceko 2020 bisa disaksikan lewat CNNIndonesia.com dan siaran langsung di Trans7.

(sry/jal)