MotoGP Ceko: Marquez Operasi Lagi karena Ceroboh di Rumah

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 20:06 WIB
Bos Honda, Alberto Puig, menyebut kecerobohan yang dilakukan Marc Marquez di rumah sehingga harus menjalani operasi lagi. Marc Marquez dipastikan absen di MotoGP Ceko. (AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang MotoGP Ceko 2020, manajer tim Honda, Alberto Puig, menyebut blunder Marc Marquez sehingga harus kembali menjalani operasi pemasangan pelat dan sekrup pada tulang lengan kanan atasnya yang patah.

Marquez harus menjalani operasi kedua di Rumah Sakit Universitari Dexeus Barcelona, Senin (3/8). Operasi kedua yang dilakukan dokter Xavier Mir itu untuk penggantian pelat dan sekrup yang sempat rusak.

Puig pun mengatakan penyebab awalnya bukan ketika Marquez menjalani latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikasi pertama di MotoGP Andalusia 2020. Kecerobohan Marquez di rumahnya yang jadi penyebab operasi kedua itu.


"Sebuah gestur buruk di rumah, [ceroboh ketika] dia membuka jendela, yang menjadi penyebab masalah itu."

"Baru diketahui ternyata pelat [sambungan tulang] rusak ketika dia membuka jendela. Mungkin terlalu banyak tekanan di area itu [sambungan tulang yang patah]. Hal ini yang baru kami ketahui," ujar Puig dilansir dari AS.

MotoGP rider Marc Marquez of Spain steers his motorcycle during the Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, July 19, 2020. (AP Photo/David Clares)Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat di MotoGP Spanyol 2020. (AP/David Clares)

Kecerobohan Baby Alien itu dilakukan setelah dia melakoni FP2 dan kualifikasi di MotoGP Andalusia 2020. Puig melanjutkan, tim dokter awalnya menilai kondisi Marquez masih memungkinkan untuk mengaspal di Sirkuit Jerez sebelum kecerobohan Baby Alien di rumahnya.

"Marc bisa diturunkan di Jerez sesuai saran dari dokter di bawah pengawasan mereka. Dokter tak menduga bahwa pelat itu bakal rusak sehingga mereka menginformasikan kami dan Marc memutuskan mencoba tampil di Jerez. Honda pun memberikannya sepeda motor."

"Jika tidak [ada saran positif dari dokter], kami tak akan mengizinkannya atau memberikannya motor. Tapi begitulah kejadiannya," ucap Puig.

Meski demikian, Puig masih tetap berpikir positif bahwa kerusakan kembali hasil operasi tersebut terjadi di rumah, bukan di trek.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Satu hal yang positif, kejadian itu terjadi di rumah, bukan di sini di [Sirkuit] Brno atau Austria karena konsekuensinya bakal jauh lebih serius."

"Mulai sekarang, Marc harus menjalani periode pemulihan untuk menunggu patah tulangnya tersambung lagi dan waktu yang akan menentukan kapan dia siap di motornya," tutur Puig.

Marquez sendiri dipastikan absen di MotoGP Ceko setelah menjalani operasi kedua.

Live streaming MotoGP Ceko 2020 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan melalui Trans7.

(bac/sry)