Ducati: Espargaro yang Seharusnya Dihukum, Bukan Zarco

CNN Indonesia | Senin, 10/08/2020 14:32 WIB
Bos Ducati Paolo Ciabatti menyebut Pol Espargaro yang seharusnya dihukum usai bersenggolan dengan Johann Zarco di MotoGP Ceko. Ducati anggap Pol Espargaro lakukan kesalahan di MotoGP Ceko. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti menyebut Pol Espargaro yang seharusnya mendapat hukuman usai bersenggolan dengan Johann Zarco di MotoGP Ceko 2020 di Sirkuit Brno, Minggu (9/8).

Espargaro tergelincir ke area kerikil di sisi kiri trek usai bersentuhan dengan Zarco di tikungan pertama putaran ke-10.

Akibat insiden itu, Zarco mendapat hukuman long lap penalty dari FIM MotoGP Stewards Panel. Akan tetapi, Bos Ducati Paolo Ciabatti menilai Espargaro lebih layak dengan sanksi tersebut.


"Espargaro kembali ke barisan dan melaju masuk. Dari sudut pandang kami, Espargaro membuat kesalahan dan dia seharusnya dihukum, bukan Zarco, yang melakukan balapan yang fantastis dan akan finis di urutan kedua," ujar Ciabatti dikutip dari Speedweek.

Ciabatti bukan saja bingung dengan hukuman untuk Zarco itu. Menurut Ciabatti, sanksi untuk Zarco tersebut merupakan kesalahan manajemen balapan.

[Gambas:Video CNN]

"Saya pikir semua orang mengerti kenapa?. Menurut kami, itu [hukuman] adalah keputusan yang sangat keliru dari manajemen balapan. Pol Espargaro melakukan kesalahan," 

Di mata Ciabatti, benturan tersebut terjadi di tikungan pertama saat kedua pembalap hendak berbelok ke kanan, ketika para pembalap melewati garis finis dan start serta melihat papan pit.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Ketika menikung, Espargaro sempat sedikit melebar ke sisi kiri. Lalu kembali ke dalam dan bersenggolan dengan Zarco. Akan tetapi, usai benturan itu Zarco masih tetap bisa membalap, sedangkan Espargaro terpental ke gravel.

Dalam pengamatan Ciabatti, Espargaro seharusnya tahu di belakangnya ada Zarco yang siap menyalip. Terlebih lagi, Espargaro diklaim berada di jalur yang benar saat membalap.

"Jika seorang pengemudi melebar dan kemudian kembali ke jalur normal, mereka harus melihat sekeliling, karena mereka tidak sendirian di lintasan," tutur Ciabatti.

"Espargaro mengetahui hal ini karena dia melihat papan pit. Jadi kami tidak mengerti di mana kesalahan Zarco. Dia berada di jalurnya, dia di dalam dan dia tidak bisa mengerem karena dia miring," kata Ciabatti menambahkan.

Live streaming MotoGP Austria 2020 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com pada Minggu (16/8). Sementara siaran langsung balapan disiarkan Trans7.

(sry/nva)